MotoGP

Jelang Seri 7 MotoGP 2019, Ini 16 Fakta Sirkuit Catalunya di Barcelona

Minggu, 16 Juni 2019 16:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Ilustrasi: para rider sedang beraksi di ajang balapan MotoGP Catalunya 2018. Copyright: © Getty Images
Ilustrasi: para rider sedang beraksi di ajang balapan MotoGP Catalunya 2018.

INDOSPORT.COM - Ajang kompetisi balapan MotoGP 2019 telah memasuki seri ketujuh. MotoGP Catalunya 2019 akan berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, pada Minggu (16/06/19).

Circuit de Barcelona-Catalunya sendiri merupakan sirkuit yang cukup memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Sirkuit yang sempat menjadi tempat event besar Olimpiade 1992 lalu memiliki beberapa fakta menarik untuk disimak.

Dilansir laman berita olahraga Boxrepsol, setidaknya ada 16 fakta menarik Circuit de Barcelona-Catalunya yang akan menjadi arena balap MotoGP Catalunya 2019. Berikut INDOSPORT akan menjabarkan 16 fakta menarik tersebut.

1. Circuit de Barcelona-Catalunya telah diresmikan pada 10 September 1991 lalu. Selang waktu 19 hari kemudian, sirkuit ini menjadi tempat dilaksanakannya ajang balapan F1.

2. Sirkuit ini merayakan kejuaraan dunia MotoGP pertama tahun 1992 dengan nama European GP. Kemudian nama itu berganti pada tahun 1995 menjadi Catalan GP.

3. Sirkuit ini menggatikan peran lintasan Montjuic, yang cukup terkenal karena melewati bukit terkenal di Barcelona. Lintasan yang berlokasi di kotamadya Montmelo ini sempat menjadi tempat balapan kejuaraan dunia motor dan F1 tahun 1970-an.

4. Di sebelah kanan lintasan 7 terdapat La Moreneta, sebuah gubuk peternakan tua yang sudah ada sebelum sirkuit ini dibuat dan sekarang beralih fungsi menjadi gedung kantor sirkuit.

5. Ketika di desain sedemikian rupa, gedung ini digunakan sebagai pengatur arah balapan namun uniknya menggunakan monitor, tanpa ada pandangan visual yang memadai. 

6. Terdapat 16 layar raksasa yang bisa membuat penonton melihat acara balapan secara langsung, dari sisi mana saja. 

7. Alex Criville memenangkan balapan di tahun 1999 dengan catatan waktu 61 ribu detik kemudian disusul oleh rekan setimnya di Repsol Honda, Tadayuki Okada.

8. Di akhir balapan, para fans memaksa masuk ke lintasan balapan untuk merayakan kemenangan Criville yang makin dekat dengan gelar pertama Spanyol di balapan kelas utama.

9. Terletak di jalan utama, tepat disebelah jalur keluar pit lane, terdapat sebuah papan skor yang serupa seperti di Indianapolis. Papan skor ini memperlihatkan posisi 10 besar dan sisa putaran balapan.

10. Sirkuit ini juga memberikan layanan siaran radio internal sepnjang balapan. Tersedia dalam bahasa Spanyol dan Catalunya.

11. Ajang balapan motor berasal dari Catalunya, dan pada tahun 1930-an edisi pertama Barcelona Grand Prix diselenggarakan di Montjuic.

12. Tradisi tersebut di atas didukung oleh berkembangnya sektor motor, yang bertahan hingga tahun 1980-an. Sejumlah pabrik seperti Villalbi dan SG Patria membuka jalan bagi pabrik kecil lain yang muncul saat awal masa kediktatoran Franco di Spanyol.

13. Semua sirkuit balap di seluruh dunia paling tidak memiliki petugas lintasan sebanyak 900 orang. Mereka paling tidak harus berusia 18 tahun, lolos ujian masuk, dan sudah mempelajari buku pegangan petugas balapan.

14. Pada ajang Olimpiade 1992, sirkuit ini digunakan sebagai lintasan trial balap sepeda sejauh 100 kilometer.

15. Tribun utama yang sebelumnya bisa menampung 5 ribu penonton mengalami desain ulang tahun 2002, sehingga saat ini bisa menampung dua kali lipat. Rancang ulang ini dilakukan oleh Hermann Tilke, seorang ahli mesin Jerman yang mendesain lintasan Sepang.

16. Digunakan untuk Festival BiCircuit pada bulan September, yang menggabungkan aktivitas bersepeda orang banyak, salah satunya Brompton World Championship di mana peserta bersepeda menggunakan seragam kantor.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%