3 Peraih Medali Olimpiade Bulutangkis yang Memilih 'Khianati' Indonesia

Sabtu, 15 Juni 2019 15:37 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mendapatkan medali kehormatan di ajang olahraga terbesar seperti Olimpiade nampaknya tidak membuat para pebulutangkis Indonesia betah di Tanah Air.

Pada akhirnya beberapa pebulutangkis Indonesia justru memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. "Pengkhianatan" ini sendiri tidak serta merta mereka inginkan karena mungkin ada maksud tersembunyi di baliknya.

Berikut INDOSPORT menjabarkan tiga pebulutangkis Indonesia yang sempat meraih medali kehormatan namun pada akhirnya membelot ke negara lain.

1. Tonny Gunawan

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETTony Gunawan salah satu atlet bulutangkis yang 'khianati' Indonesia.

Tony Gunawan lahir di Surabaya, 9 April 1975. Atlet ini menjadi salah satu penyumbang emas di ajang Olimpiade Sydney 2000.Tony merupakan salah satu pemain ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Tony berpasangan dengan Candra Wijaya berhasil memenangkan banyak penghargaan dari berbagai seri bulutangkis dunia. Dirinya juga sempat berpasangan dengan Halim Haryanto yang juga tidak kalah hebat.

Hebatnya lagi meskipun dipasangkan dengan pasangan berbeda, Tony tetap berhasil meraih peringkat satu dunia sehingga merupakan salah satu atlet terbaik di Indonesia.

Tony berhasil mempersembahkan berbagai gelar seperti medali emas Olimpiade Sydney 2000, All England Championship 1999, World Championship 2001, dan World Grand Prix Championship (1999 dan 2000).

Usai sempat mengharumkan nama Indonesia dirinya kemudian melanjutkan pendidikan di negara Paman Sam, Amerika Serikat. Sayangnya, Tony kemudian memutuskan untuk tinggal disana dan menjadi pemain sekaligus pelatih Orange County Badminton Club, California. Alasan kepindahannya ialah faktor kesejahteraan.

IDS Emoticon Suka
Suka
7%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
13%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
3%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
10%
IDS Emoticon Takut
Takut
3%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
27%