Ini Target Rio Haryanto di Blancpain GT Suzuka 2019

Kamis, 20 Juni 2019 14:21 WIB
Penulis: Tempo.co | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pembalap Indonesia yang pernah berkiprah di Formula 1 (F1), Rio Haryanto, akan tampil di balap Blancpain GT World Challenge Asia seri 5-6 di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada Sabtu-Minggu (22-23/6/19).

Kali ini, Rio Haryanto tidak akan berpasangan dengan David Tjiptobiantoro seperti biasanya, tapi akan didampingi pembalap asal Singapura, Gregory Teo.

Sirkuit Suzuka tampaknya cukup bersahabat dengan mobil tim T2 Motorsports, Ferrari 488 GT3, yang akan dikemudikan Rio dan Greg. Hal ini dapat dilihat dari rekor lap tercepat di Suzuka untuk Blancpain GT World Challenge Asia yang dibukukan Max Wiser dengan Ferrari 488 GT3 musim 2017.

Kala itu, catatan waktunya adalah 2 menit 03,611 detik. "Hopefully (bisa tampil cepat)," kata Rio Haryanto kepada Tempo, Rabu malam, 19 Juni 2019.

Rio dan Greg dijadwalkan untuk mengikuti track walk atau keliling sirkuit pada Kamis, 20 Juni 2019. Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poejoadi, mengatakan bahwa track walk penting untuk menyesuaikan driving style kedua pembalap dan mendapatkan waktu terbaik di setiap putaran saat balap nanti," kata Irmawan.

Irmawan menambahkan bahwa timnya akan mencari setting mobil terbaik yang sesuai dengan karakter kedua pembalap agar mampu tampil kompetitif di balapan. 

"Kami berharap race pace kedua pembalap konsisten dan gap antara keduanya harus kompetitif. Dengan gap yang tipis dan race pace bagus akan menghasilkan podium," ujar Irmawan.

Sementara itu, jelang balap Blancpain GT Suzuka ini, Rio Haryanto sempat memilih berlatih Gokart. Dia kemudian bertolak ke Jepang pada Selasa (18/6/19).

Di Suzuka, Rio Haryanto tentunya akan berharap dapat mencapai prestasi yang lebih baik setelah meraih posisi ketujuh secara keseluruhan sekaligus runner-up di kelasnya, yakni GT3, di seri kedua Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Thailand pada Mei lalu.