Formula 1

F1 Disebut Balapan Membosankan, Hamilton: Jangan Salahkan Pembalap

Senin, 24 Juni 2019 08:50 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mark Thompson/GettyImages
Lewis Hamilton, pembalap F1 dari tim Mercedes. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Lewis Hamilton, pembalap F1 dari tim Mercedes.

INDOSPORT.COM - Pemenang F1 Grand Prix Prancis, Lewis Hamilton menegaskan kritikan kepada balapan Formula 1 yang membosankan harus diberikan pada pembuat peraturan olahraga dan bukan pembalap.

Hamilton mendominasi balapan di Prancis dan selesai 18 detik di depan rekan setimnya Valtteri Bottas dalam balapan Minggu (23/06/19) semalam. Ini merupakan kemenangan keenamnya dari delapan seri balapan dan melanjutkan kemenangan beruntun Mercedes.

Perlombaan itu cukup lancar bagi Hamilton dan membuatnya unggul 36 poin di puncak klasemen. Namun, ia mengakui kini balapan memang agak membosankan.

"Ketika Anda mengatakan 'membosankan', saya benar-benar memahaminya, saya ingat tumbuh dewasa menontonnya," kata Hamilton dikutip dari Crash Net.

"Tapi jangan sampai menyalahkan pembalap karena kami tidak menulis aturan, kami tidak ada hubungannya dengan pengalihan uang dan semua hal semacam itu,” tukasnya.

Menurut Hamilton, yang harus bertanggung jawab adalah para petinggi di F1 dan FIA, yang bekerja dalam menyusun aturan. Dikatakan, sejauh ini aturan yang diterapkan jauh dari harapan.

“Saya berada di pertemuan dan melihat bos F1 dan FIA dan semua tim mencoba untuk terlibat. Saya tidak mendapatkan apa-apa dari itu, tetapi saya akan melakukan sesuatu jika bisa membantu,” tegasnya.

Hamilton menambahkan keputusan soal peraturan sejauh ini tidak pernah mempertimbangkan saran dari para pembalap. Padahal hal tersebut sangatlah penting karena mereka yang tahu kondisi balapan.