Detik-detik Kecelakaan Fatal Verstappen di FP2 GP Austria

Sabtu, 29 Juni 2019 04:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© F1
Max Verstappen alami kecelakaan di FP2 F1 GP Austria pada Jumat (28/06/19). Copyright: © F1
Max Verstappen alami kecelakaan di FP2 F1 GP Austria pada Jumat (28/06/19).

INDOSPORT.COM – Insiden memilukan turut mewarnai Free Practice (FP) 2 Foemula 1 GP Austria pada Jumat (28/06/19). Max Verstappen harus mengalami kecelakaan di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring.

Pembalap berkebangsaan Belgia tersebut kehilangan kendali hingga akhirnya terlempar ke luar jalur dan menghantam keras dinding ban pembatas. Itu membuat bagian belakang mobilnya rusak parah.

Verstappen pun akhirnya hanya mampu menyelesaikan sesi latihan dengan 13 lap dan menduduki posisi ke-9 di FP2 F1 GP Austria dengan catatan waktu 1 menit 05,871 detik.

Atas insiden tersebut, marshal F1 terpaksa mengibarkan bendera merah dan membuat sesi latihan kedua GP Austria dihentikan sejenak. Ini pun satu-satunya insiden yang membuat FP2 terhenti.

Beberapa saat setelah mobil Verstappen rampung di evakuasi, sesi latihan kedua GP Austria ini kembali dihentikan. Itu terjadi ketika Valtteri Bottas mengalami overstreer saat melewati tikungan ke-6.

Jika Verstappen mengalami kerusakan pada bagian belakang mobilnya, Bottas justru menghantam dinding pembatas pada bagian depan. Itu membuat ban depannya rusak parah.

Meski mengalami kecelakaan yang cukup parah itu, Bottas tetap menduduki posisi kedua di sesi latihan kedua GP Austria ini. Ia mampu menorehkan catatan waktu 1 menit 05,417 detik.

Sekedar informasi, pada FP2 F1 GP Austria ini, Charles Leclerc berhasil menjadi pembalap terdepan dengan catatan waktu 1 menit 05,086 detik