Formula 1

Hasil GP Austria 2019: Verstappen Asapi Leclerc, Ferrari Batal Menang

Minggu, 30 Juni 2019 22:03 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Max Verstappen. Copyright: © Getty Images
Max Verstappen.

INDOSPORT.COM – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, meraih juara pada F1 GP Austria 2019, Minggu (30/06/19), di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Verstappen berhasil finis terdepan di belakang pembalap Ferrari, Charles Leclerc, dan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas.

Start terdepan, Leclerc mampu memimpin balapan hingga putaran 10. Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Bottas, sempat berada di urutan 2 dan 3.

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, memacu mobilnya memasuki putaran 20. Ia sukses melaju ke posisi terdepan diikuti Verstappen, sementara Leclerc turun ke urutan 3.

Pit stop yang buruk membuat Vettel kehilangan posisi, begitu juga Hamilton yang mengalami 11 detik pit stop saat mengganti sayap depan.

Leclerc kembali naik ke urutan teratas di putaran 35. Pada putaran 48, pertarungan sengit melibatkan Vettel dan Verstappen. Duel keduanya berakhir di putaran 59 dan dimenangkan Verstappen.

Verstappen mulai membuntuti Leclerc di urutan pertama. Pada putaran 65, gap antara Leclerc dan Verstappen mencapai 1,9 detik, namun perlahan Verstappen terus mendekat.

Pada putaran 68, Verstappen terus berusaha melewati Leclerc dan akhirnya tersusul di putaran 69. Verstappen akhirnya finis terdepan dan berhak menduduki podium teratas.

Ini merupakan kemenangan pertama Honda sejak 2006. Sementara itu, klasemen sementara masih dipimpin pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.