Formula 1

Verstappen dan Leclerc Masuk Investigasi usai Naik Podium F1 GP Austria 2019

Senin, 1 Juli 2019 11:56 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Max Verstappen sempat mendapat investigasi terkait hasil juara di ajang balapan F1 GP Austria 2019 Minggu (30/06/19) waktu setempat. Copyright: © Getty Images
Max Verstappen sempat mendapat investigasi terkait hasil juara di ajang balapan F1 GP Austria 2019 Minggu (30/06/19) waktu setempat.

INDOSPORT.COM - Dua pembalap F1 peraih podium F1 GP Austria 2019 Minggu (30/06/19), Max Verstappen dan Charles Leclerc, masuk investigasi Federasi Internasional Automobil (FIA) race stewards.

FIA race stewards merupakan pihak panitia yang melakukan pengawasan terhadap balapan mobil, termasuk Formula 1. Mereka sempat mencurigai hasil yang diperoleh Verstappen usai menyalip Leclerc di balapan F1 seri ke-9 musim 2019 ini.

Dilansir laman berita olahraga Crash.net, kecurigaan FIA race stewards berdasarkan hasil dramatis yang telah diperoleh Verstappen hingga akhirnya bisa meraih juara satu di ajang F1 GP Austria 2019.

FIA race stewards beranggapan jika ada insiden kecil yang membuat Verstappen mampu menyalip Leclerc. Padahal sebelumnya, pembalap Red Bull asal Belanda itu sempat mengawali start dengan buruk.

Ia kalah saing dari duo andalan Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Leclerc sendiri merupakan peraih pole position sehingga sempat memimpin jalannya balapan.

Memasuki putaran ke-68, Verstappen berhasil menyusul Leclerc dengan memanfaatkan celah sempit sehingga pembalap Ferrari itu keluar dari jalur balapan. Pihak FIA beranggapan jika kedua kendaraan sempat bersenggolan hingga Leclerc harus mengalah keluar.

Pihak FIA bisa saja memberikan sanksi atas insiden ini karena bisa membahayakan pembalap Ferrari kala itu. Apalagi kejadian ini cukup merugikan bagi Leclerc yang sebelumnya sempat memimpin jalannya perlombaan.

Dilansir laman berita olahraga Racer, FIA tetap memutuskan hasil yang diperoleh Verstappen adalah mutlak sehingga dirinya berhak meraih posisi juara pertama di ajang F1 GP Austria 2019.

Kemenangan ini sendiri sekaligus membuat hancurnya dominasi duo Mercedes di ajang balapan F1 musim ini. Pasalnya, Lewis Hamilton yang biasanya meraih podium harus rela finis di tempat ke-5.