MotoGP

Sirkuit Sachsenring: Venue MotoGP Jerman 2019 yang 4 Kali Memakan Korban Jiwa

Sabtu, 6 Juli 2019 21:02 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© radaraktual.com
Sirkuit Sachsenring Jerman. Copyright: © radaraktual.com
Sirkuit Sachsenring Jerman.

INDOSPORT.COM – Ajang balap paling bergengsi di dunia, MotoGP musim 2019 akan menggelar seri ke-9 di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (07/07/19) besok.

Sejumlah pembalap MotoGP telah melakukan sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) hingga putaran ke-3. Sekedar informasi, Marc Marquez masih mendominasi dengan menjadi yang tercepat di Kulifikasi kedua GP Jerman 2019.

Sebelum menyaksikan balapan GP Jerman 2019, tidak ada salahnya jika kita mengetahui dahulu sejarah kelam Sirkuit Sachsenring hingga akhirnya menjadi salah satu trek tersulit di MotoGP.

Sirkuit Sachsenring sendiri secara resmi dibuka pada 26 Mei 1927 silam. Lintasan ini terus mengalami perubahan, terutama setelah Jerman barat dan Timur memutuskan untuk bersatu.

Sebelumnya, Sirkuit Sachsenring hanya memiliki panjang lintasan sejauh 2,9 kilometer. Akan tetapi, pihak negara mencoba untuk memperpanjang trek lintasan hingga 3,7 kilometer.

Ini juga merupakan salah satu lintasan tersulit yang pernah ada di ajang MotoGP. Sirkuit Sachsenring sendiri memiliki kombinasi 10 tikungan ke kiri dan tiga tikungan ke kanan.

Situasi lintasan ini membuat ban kanan sejumlah pembalap MotoGP sering bermasalah. Tak jarang pembalap mengalami kecelakaan ketika melewati tikungan ke-11.

© enoanderson.com
Sachsenring Jerman tahun 1961 Copyright: enoanderson.comIlustrasiSachsenring Jerman tahun 1961 silam.

GP Jerman ini nyatanya memang kerap kali memakan korban. Bukan hanya sekedar kecelakaan, namun Sirkuit Sachsenring ini seakan mencari ‘tumbal’ nyawa pembalap-pembalap profesional.

Menurut laporan racingcircuits, GP Jerman tersebut telah memakan empat korban jiwa sejak beberapa tahun lalu. Sulitnya lintasan ini akhirnya ‘membunuh’ juara Eropa 1933, Gunnar Kalen dan juara musim 1934, Pol Demeuter.

Pol Demeuter harus merenggang nyawa ketika mengalami kecelakaan fatal di Sirkuit Sachsenring pada tahun 1934. Lalu di tempat terpisah, Gunnar Kalen juga harus kehilangannya nyawanya di lintasan Jerman ini.

Pada tahun yang sama, pembalap berkebangsaan Belgia, Erik ‘Noir’ Haps juga harus menghembuskan napas terakhirnya di Sirkuit Sachsenring akibat kecelakaan fatal.

Setelah itu, ada nama pembalap Skotlandia, Jimmy Guthrie. Pembalap yang telah menjadi favorit penonton usai memenangkan balapan pada musim 1935 dan 1936 tersebut meninggal dunia pada 1937 silam.

Beruntungnya, setelah kejadian itu tidak ada lagi pembalap yang kehilangan nyawa saat balapan di Sirkuit Sachsenring. Harapan semua pecinta balap motor pun tentunya tidak akan ada korban yang berjatuhan di lintasan ini dan lainnya.