MotoGP

Melihat Prestasi Stefan Bradl di MotoGP, Pembalap yang Gantikan Lorenzo

Jumat, 5 Juli 2019 13:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© MotoGP
Pembalap tes Honda Stefan Bradl. Copyright: © MotoGP
Pembalap tes Honda Stefan Bradl.

INDOSPORT.COM – Tim pabrikan Repsol Honda secara resmi telah menunjuk Stefan Bradl sebagai pengganti Jorge Lorenzo di seri MotoGP Jerman, Minggu (07/07/19). Keputusan itu diambil setelah Lorenzo mengalami cedera parah usai kecelakaan pada pekan lalu.

Lorenzo dipastikan tidak akan bisa melakukan balapan setelah dikabarkan mengalami keretakan di bagian tulang belakang saat menjalani sesi latihan bebas di Sirkuit Assen, Belanda. Situasi itu membuat Honda tak ada pilihan lain untuk mengganti Lorenzo dengan pembalap lain.

Stefan Bradl sendiri nyatanya punya sejumlah pengalaman di ajang balapan paling bergengsi di dunia ini. Terhitung, sejak 2012 lalu pembalap berkebangsaan Jerman tersebut sudah mencicipi ajang MotoGP bersama tim anakan Honda.

Dengan begitu, Stefan Bradl telah menghabiskan kurang lebih tujuh musim untuk merasakan ketatnya persaingan MotoGP. Artinya, pembalap yang saat ini berusia 29 tahun tersebut seharusnya tidak lagi canggung ketika balapan di Jerman akhir pekan nanti.

Dari 74 balapan yang ia ikuti di ajang MotoGP, Stefan Bradl berhasil menginjakkan kakinya di podium pada musim 2013 lalu. Saat itu dirinya berhasil menduduki peringkat kedua di Sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca, Amerika Serikat.

Bahkan pembalap yang berada di tim LCR Honda tersebut berhasil mengasapi Valentino Rossi, yang hanya mampu finis di posisi ketiga. Catatan ini terbilang cukup membanggakan bagi Stefan Bradl.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesStefan Bradl saat beraksi di lintasan balapan.

Namun sayangnya, ia masih harus mengakui kedigdayaan Marc Marquez. Stefan Bradl pun hanya memiliki selisih yang cukup tipis dengan pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut. Terhitung, selisihnya hanya 2,298 detik.

Penampilan Stefan Bradl sendiri sangat memukau pada periode 2012-2014. Karena dalam tiga musim tersebut, ia selalu menyelesaikan balapan di peringkat 10 besar (terlepas dari kecelakaan atau insiden lain). Hanya pada musim 2014 saja ia satu kali menyelesaikan balapan di peringkat 16.

Ketika hijrah ke Yamaha Forward dan Aprilia, performa Stefan Bradl justru mengalami penurunan. Dirinya bahkan jarang menyelesaikan balapan di peringkat 10 besar sejak musim 2015-2018 lalu. Catatan ini terbilang cukup buruk untuk seorang pembalap.

Pada musim 2019 ini, Stefan Bradl mendapatkan satu kali kesempatan bermain di MotoGP. Penampilannya pun terbilang tidak menngecewakan karena ia mampu finis di peringkat 10 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Melihat catatannya bersama Honda, Stefan Bradl menjadi pembalap yang cocok untuk menggantikan Lorenzo di GP Jerman akhir pekan nanti. Harapannya adalah, Stefan Bradl mampu menjadi teman sempurna Marc Marquez di Sirkuit Sachsenring nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%