Formula 1

Hasil Balapan F2 Inggris 2019: Sean Gelael Tak Ikut Balapan, Aitken Jadi Juara

Minggu, 14 Juli 2019 17:26 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© David Davies/PA Images via Getty Images
Jack Aitken, pembalap Campos Racing di Formula 2. Copyright: © David Davies/PA Images via Getty Images
Jack Aitken, pembalap Campos Racing di Formula 2.

INDOSPORT.COM – Pembalap Campos Racing, Jack Aitken, sukses meraih juara race Formula 2 (F2) Inggris 2019, Minggu (14/07/19), di Sirkuit Silverstone. Sementara pembalap asal Indonesia, Sean Gelael tak mengikuti balapan karena alasan personal.

Aitken berhasil mencatatkan waktu 36:47.822, dengan waktu terbaiknya yakni 1:39.993 dengan kecepatan 201,500 kph, selisih 4,997 detik dari pembalap Carlin, Louis Deletraz.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Nyck de Vries, dari tim ART Grand Prix, dan menyusul Callum Ilott (Sauber Junior Team) dan Nicholas Latifi (DAMS) di urutan keempat dan kelima.

Sementara Nick Schumacher yang mewakili PREMA Racing harus puas menjadi yang tercepat keenam, ia belum mampu menandingi kehebatan Aitken di posisi terdepan.

Sedangkan pembalap PREMA Racing asal Indonesia, Sean Gelael, tidak mengikuti balapan race F2 Inggris 2019 dengan alasan personal, lantaran merasa kurang puas dengan hukuman yang dijatuhkan kepadanya akibat tabrakan dengan Louis Deletraz pada FP2.

Bermula dari insiden di free practice Jumat (12/07/19), Sean tengah melakukan ‘hot lap’. Namun ia diadang Louis Deletraz di tikungan enam. Berdasarkan regulasi, tentu Sean berhak untuk tetap tancap gas, sementara Deletraz  mestinya melakukan slow lap untuk memberi jalan.

Namun tindakan Sean malah mendapatkan hukuman dari steward, dan mendapatkan penalti dengan hukuman mundur tiga grid pada balapan. Merasa terus dicurangi dan diperlakukan dengan tak adil, ia yang seharusnya start di urutan ke-20 akhirnya memutuskan untuk mundur dari balapan.

Sementara itu, Nyck de Vries menjadi pemuncak klasemen dengan meraih 160 poin, sedangkan Gelael berada di urutan ke-16 dengan 16 poin.