Formula 1

Hasil F1 GP Inggris 2019: Lewis Hamilton Cetak Sejarah

Minggu, 14 Juli 2019 22:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Prio Hari Kristanto
© Matthew Childs/Reuters
Lewis Hamilton meraih juara GP Inggris 2019 di Silverstone Copyright: © Matthew Childs/Reuters
Lewis Hamilton meraih juara GP Inggris 2019 di Silverstone

INDOSPORT.COM – Pembalap Mercedes, Lewis Hamliton, mencetak sejarah usai meraih juara F1 GP Inggris 2019, Minggu (14/07/19), di Sirkuit Silverstone.

Hamilton finis terdepan di belakang rekan setimnya, Valtteri Bottas, dengan gap waktu +24,928 detik. Sementara itu, posisi ketiga ditempati pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

Nasib kurang beruntung harus dialami Sebastian Vettel. Pembalap tim Ferrari itu menabrak Max Verstappen dan terkena penalti 10 detik.

Vettel terpaksa merosot ke posisi 16 di belakang dua pembalap Williams dan hanya satu strip di atas peringkat terbawah balapan, Sergio Perez, dari tim Racing Point.

Kemenangan di GP Inggris 2019 menciptakan sejarah baru bagi Hamilton. Pembalap asal Inggris yang baru saja meraih kemenangan ke-80 sepanjang kariernya itu berhasil mencetak rekor enam kemenangan di Silverstone.

Rekor tersebut menjadikan Hamilton sebagai pembalap tersukses di GP Inggris, mengalahkan Jim Clark dan Alain Prost yang membukukan lima kemenangan di Silverstone.

Seusai balapan, Hamilton mengaku bangga atas kemenangannya di Silverstone. Pembalap yang sempat memprotes wacana peniadaan GP Inggris 2020 ini bahagia bisa mencetak rekor di negaranya.

“Saya tidak bisa mengungkapkan betapa bangganya saya di sini, hari ini. Saya selamanya berterima kasih kepada semua pendukung yang datang. Saya tidak bisa meraih ini tanpa dukungan tim. Saya sangat bangga menjadi bagian dari ini semua,” ujar Hamilton seusai balapan dilansir dari media Formula 1.

Hamilton kini memperlebar jarak sebanyak 39 poin dengan Bottas di klasemen sementara F1 2019. Dari 10 seri balapan musim ini, Mercedes juga baru sekali menelan kekalahan.