In-depth

Serba-serbi Formula E, Ajang Balap Mobil Bergengsi yang Akan Digelar di Jakarta

Senin, 15 Juli 2019 19:01 WIB
Editor: Coro Mountana
© GettyImages
Alexander Albon saat tes mobil Formula E. Copyright: © GettyImages
Alexander Albon saat tes mobil Formula E.
Aturan

Ternyata ada kemiripan antara Formula E dengan Formula 1 yaitu sama-sama setiap tim dihuni 2 pembalap. Pada musim 2018/19, terdapat 11 tim yang bertanding dengan berbagai merek otomotif tenar dalam balapan Formula E.

Menurut laman Sciencefocus, kecepatan maksimal sebuah mobil Formula E sekitar 225 km/jam saja. Catatan kecepatan itu ternyata kalah jauh dari laju maksimal mobil Formula 1 yang mencapai 378 km/jam.

Perolehan poin Formula E ternyata menganut sistem yang dianut FIA yakni hanya 10 pembalap tercepat yang berhak mendapatkan poin dengan urutan 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1. Sesi balap sendiri ternyata hanya berlangsung selama 45 menit ditambah satu lap.

Sedangkan di sesi latihan bebas, durasinya mencapai 45 menit dan untuk kualifikasi waktu balapannya hanya 30 menit saja. Untuk pembalap yang berhasil menjadi tercepat di kualifikasi alias pole position, ia berhak mendapat tiga poin.

Tidak seperti Formula 1, Formula E rupanya tidak mengenal sistem pergantian ban kecuali karena rusak atau tertusuk benda tajam. Tidak ada pergantian ban dikarenakan permukaannya sudah disesuaikan sengan berbagai macam cuaca.

Tak hanya itu, sisi unik dari Formula E ternyata juga termasuk dengan aturan menghilangkan pit stop yang sempat ada hingga musim keempat. Tapi dengan teknologi yang sudah sangat canggih, pit stop pun dihilangkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%