MotoGP

ITDC Pastikan MotoGP Mandalika 2021 Digelar Tepat Waktu

Sabtu, 17 Agustus 2019 13:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan proses pembangunan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika, NTB berjalan sesuai rencana dan jadwal yang ditetapkan.

Dirut ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan pembangunan sirkuit jalan raya (Street Circuit) Mandalika, untuk penyelenggaraan MotoGP mulai 2021, telah menyelesaikan proses pengukuran topografi dan penyelidikan tanah, serta telah memasuki tahan ‘Land clearing’ dan pemagaran sekeliling area sirkuit.

Melansir dari laman Antara, pagar keliling sepanjang 6,25 km telah terbangun 2,5 km atau sekitar 42 persen. Sementara land clearing mencapai 98.000 m2 dari rencana 432.000 m2.

“Kami pastikan pembangunan sirkuit Mandalika saat ini berjalan sesuai rencana, yaitu memulai kontruksi pada Oktober 2019. Selain kegiatan lapangan yang fokus di area sirkuit, berupa pemagaran yang hampir mencapai 50 persen dan land clearing,” ujar Abdulbar.

Proses homoligasi desain sirkuit Mandalika juga telah menyepakati Center Line desain sirkuit, artinya telah menyepakati titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya.

Berdasarkan kesepatakan Center Line tersebut, ITDC bersama mitra kerja yakni Mrk1 Consulting dan Vinci Contruction Grands Projects, Investior Mandalika street sirkuit tengah menyiapkan dokumen homologasi yang akan diserahkan kepada FIM.

Selanjutnya dokumen homologasi yang telah disetujui oleh FIM akan menjadi dasar penyusunan Detailed Engineering (DED) atau gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan kontruksi pada 9 Oktober 2019.

Menurut Abudlbar, inpeksi FIM atas sirkuit dilakukan selama proses homologasi desain saat sirkuit selesai dibangun dan sebelum tanggal balapan. Sedangkan uji coba sirkuit akan ditentukan dorna sesuai dengan availability riders sebelum tanggal balapan.

Ia juga menambahkan tanggal balapan MotoGP Mandalika utuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020. ITDC menargetkan dapat melakukan uji kelayakan sirkuit pada akhir 2020.