Formula 1

Ingin Dobrak Stigma, Pembalap Wanita asal Inggris Incar Peluang Berlaga di Formula 1

Rabu, 28 Agustus 2019 15:46 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© The Times
Jamie Chadwick incar peluang untuk balapan di Formula 1 Copyright: © The Times
Jamie Chadwick incar peluang untuk balapan di Formula 1

INDOSPORT.COM – Pembalap wanita asal Inggris, Jamie Chadwick mengungkapkan dirinya ingin mendobrak stigma dengan mengincar peluang untuk balapan di ajang Formula 1.

Jamie yang merupakan juara Formula Seri W, yakni kejuaraan balap mobil yang diselenggarakan oleh FIA khusus untuk para pembalap wanita itu mengatakan bahwa dirinya ingin mendapatkan tempat di ajang Formula 1 karena prestasi dan bukan hanya karena dirinya merupakan seorang wanita.

Wanita berusia 21 tahun itu sempat merasa putus asa untuk mengikuti balapan Formula 1, namun ia bertekat untuk membuktikan diri bahwa ia mampu bersaing di cabang olahraga yang didominasi oleh kaum pria.

“Untuk berpartisipasi di Formula 1 rasanya akan luar biasa, karena merupakan impian bagi setiap para pembalap muda. Tapi saya ingin mencapai mimpi tersebut karena prestasi,” kata Jamie, dilansir dari laman talkSPORT.

“Saya ingin berada di sana karena pantas untuk bersaing di kejuaraan tersebut, bukan hanya karena saya merupakan seorang wanita, dan semoga saja mimpi tersebut segera terwujud,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, wanita terakhir yang ikut balapan di Formula 1 adalah almarhum Lella Lombardi dari Italia pada tahun 1976. Dengan ambisi yang sama, Chadwick ingin mengulang sejarah tersebut.

Jamie sendiri telah membuat sejarah pada musim lalu ketika ia menjadi wanita pertama yang memenangkan turnamen Formula 3 di Inggris. Ia pun berusaha terus memperpanjang catatan positifnya di dunia balap mobil.