In-depth

Profil Singkat Anthoine Hubert, Rekan Balapan Sean Gelael di F2 yang Tewas di Sirkuit Belgia

Minggu, 1 September 2019 16:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© twitter @RaceOfChampions
Pembalap asal tim BWT Arden, Anthoine Hubert. Copyright: © twitter @RaceOfChampions
Pembalap asal tim BWT Arden, Anthoine Hubert.

INDOSPORT.COM – Pembalap asal tim BWT Arden, Anthoine Hubert, tewas usai terlibat dalam peristiwa kecelakaan parah di Formula 2 Belgia 2019, Sabtu (31/08/19) WIB. Berikut ini profil singkatnya.

Hubert, yang merupakan rekan balapan Sean Gelael di Formula 2, meninggal dunia usai terlibat dalam insiden kecelakaan di lap kedua tikungan Raidillon, bersama pembalap tim Sauber Junior, Juan Manuel Correa. 

Hubert menabrak penghalang dan kemudian ditabrak oleh Juan Manuel Correa. Perlombaan dihentikan ketika marshal menghadiri tempat kejadian. Mobil tim Sauber Junior, Correa, terbalik dan mobil Arden Hubert hancur.

Beberapa saat setelah kejadian, pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA), mengonfirmasi kabar meninggalnya Anthoine Hubert. 

Kabar kematian Hubert membawa duka mendalam bagi Formula 2 dan dunia motorsport di Prancis. Pasalnya, pembalap kelahiran Lyon, 22 September 1996, itu digadang-gadang akan menjadi penerus Pierre Gasly dan Esteban Ocon.

Pendatang Baru di Formula 2

Hubert sendiri merupakan pendatang baru di Formula 2 2019 menyusul keberhasilannya memenangkan gelar kejuaraan ajang Formula 3 2018 lalu. Dia bahkan memenangkan seri balapan Formula 2 di Monako dan Prancis dan menempati posisi ke-8 klasemen sementara pembalap F2 2019.

Hubert mengawali kariernya pada tahun 2006, di usia 12 tahun. Pada tahun 2010, dia meraih posisi runner-up di FIA Karting Academy 2010 dan ketiga di Piala Dunia U-18 pada edisi 2011 dan 2012. Setahun kemudian, dia pun beralih ke dunia mobil balap.

Putra dari juara reli Prancis, Francois Hubert, awalnya memasuki Formula 4 Prancis dan langsung meraih gelar juara. Selama setahun di Formula 4, Hubert menunjukkan potensinya untuk debut di Formula 3.

Hal ini pun dia wujudkan dengan bergabung bersama tim Van Amersfoort Racing pada Februari 2016. Dia berhasil meraih kemenangan Formula 3 pertamanya di balapan kedua di Norisring.

Pada November 2016, Hubert berpartisipasi dalam sesi tes pascamusim Formula 3 dengan ART Grand Prix. Tak berselang lama, yakni pada Februari 2017, dia pun direkrut ART untuk berkompetisi di kejuaraan ART 2017.

Hubert kemudian mencoba peruntungan ke level berikutnya. Dia mengikuti tes pasca musim Formula 2 di Abu Dhabi bersama MP Motorsport pada November 2018. Kemudian, pada Januari 2019, dia menjadi pembalap resmi Formula 2 bersama tim BWT Arden.

Hubert sejatinya pernah mengatakan bahwa dia tengah bersiap untuk beralih ke Formula 1. Hal ini juga sempat dia buktikan dengan bergabung ke Renaul Sport Academy pada Mei 2018 lalu.

“Saya pernah bergabung dengan tim Formula 1, dan saya tahu, jika saya tampil baik, itu tidak akan luput dari perhatian. Jika berhasil dengan baik di Formula 2, maka saya memiliki peluang bagus untuk masuk kee Formula 1,” kata Hubert dilansir dari Speedweek.

Sayang sekali, impiannya masuk ke dunia Formula 1 gagal terwujud karena maut lebih dulu menjemputnya saat membalap di Formula 2 Belgia 2019. Selamat jalan Hubert!

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%