In-depth

Charles Leclerc, Wonderkid Monaco yang Bisa Jadi The Next Lewis Hamilton

Senin, 2 September 2019 19:52 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© GettyImages
Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019 Copyright: © GettyImages
Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019

INDOSPORT.COM – Masa depan pembalap asal Monaco, Charles Leclerc diprediksi akan bersinar terang. Bahkan dirinya bisa saja jadi The Next Lewis Hamilton di ajang balapan mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1.  

Prediksi itu tentunya berdasarkan statistik apik Leclerc sepanjang Formula 1  2019 ini. Terhitung, dirinya mampu enam kali masuk podium dan dua kali gagal menyelesaikan balapan dari 13 seri yang sudah ia mainkan.

Peringkat terburuk Leclerc di Formula 1 2019 adalah posisi ke-5. Itu ia dapatkan sebanyak empat kali di awal-awal musim ini. Peringkat 5 sendiri nyatanya tidak terlalu buruk untuk seorang pembalap Formula 1.

Catatan tersebut terbilang sangat fantastis bagi pembalap yang masih berusia 21 tahun tersebut. Apalagi, ini baru musim kedua bagi Leclerc tampil di Formula 1.

Statistik ini sangat jauh dibandingkan dengan debutnya pada Formula 1 2018 lalu. Karena pada saat itu, dirinya sama sekali tidak mampu memasuki podium sepanjang musim 2018.

Posisi tertinggi Leclerc yang berhasil ia torehkan adalah peringkat ke-6. Ia mampu menduduki posisi 6 sebanyak satu kali saat menjalani balapan di GP Azerbaijan.

© Twitter/@F1
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc saat sesi kualifikasi GP Austria 2019 Copyright: Twitter/@F1Pembalap Ferrari, Charles Leclerc saat sesi kualifikasi GP Austria 2019

Saat menjalani Formula 1 2019 ini, Leclerc seakan tidak merasa gugup. Dirinya menjelma layaknya seorang pembalap profesional yang mampu merusak dominasi pembalap Mercedes.

Terakhir kali, Leclerc berhasil menjuarai balapan saat bertarung di GP Belgia akhir pekan kemarin. Pembalap Ferrari tersebut berhasil mengungguli Hamilton dengan selisih waktu 0,981 detik.

Saat ini, Leclerc masih berada di peringkat ke-5 klasemen sementara Formula 1 2019 dengan torehan 157. Dirinya terpaut 111 poin dari pemuncak klasemen sementara, yakni Hamilton.

Memang masih cukup jauh untuk menyingkirkan Hamilton dari tahtanya. Akan tetapi jika Leclerc mampu menampilkan permainan yang konsisten seperti di GP Belgia, maka bisa saja Hamilton akan tersingkir.