MotoGP

Mencengangkan, Ini Harga untuk Jadi Sponsor Valentino Rossi

Kamis, 5 September 2019 19:06 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© GpOne.com
Valentino Rossi sebelum berjibaku di MotoGP Copyright: © GpOne.com
Valentino Rossi sebelum berjibaku di MotoGP

INDOSPORT.COM - Bisnis memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari olahraga dewasa ini. Begitupun dengan MotoGP, salah satu olahraga dengan daya tarik terbesar bagi para perusahaan untuk mempromosikan produk terbaiknya.

Budget untuk menjalankan tim balap sekelas MotoGP sendiri bisa dibilang tidak main-main besarnya.

Melansir dari laman berita olahraga GPOne, RTR selaku Sponsor marketing dan agensi yang menjadi bidang sponsorship di dunia olahraga, telah memberi jawaban pada web dengan fitur kalkulator untuk menghitung biaya sponsor tim balap MotoGP.

Dalam web tersebut tersedia beberapa pilihan seperti tim balap mana yang diinginkan dan sesuai dengan kelasnya. Dan  juga terdapat rincian biaya, durasi kontrak, ukuran logo perusahaan yang ditempelkan, posisi merek hingga fasilitas lainnya.

Untuk menempelkan logo pada motor balap sekelas Moto3 yang bermain di Grand Prix, akan menelan biaya minimal 20 ribu euro atau setara dengan Rp312 juta.

© INDOSPORT
Logo MotoGP. Copyright: INDOSPORTLogo MotoGP.

Sementara, biaya minimal untuk menampilkan logo pada motor balap di tim papan bawah MotoGP, berada di angka 105 ribu euro setara dengan Rp1,6 miliar.

Untuk tim yang berada di papan tengah yang kadang naik podium, angkanya bisa membengkak 10 kali lipat dikisaran 1,5 juta euro (Rp16 miliar).

Jika melihat lebih jauh untuk tim sekelas Ducati ini akan menelan biaya yang cukup besar, menyentuh angka 12 juta euro atau setara dengan Rp187 miliar. Ini juga berlaku bagi tim ternama lainnya seperti, Honda atau Monster Energi di Yamaha.

Terlebih jika di dalam tim tersebut terdapat nama-nama pembalap seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez, hingga Jorge Lorenzo, angka-angka tersebut pasti akan jauh meningkat, karena pasar pembalap-pembalap ternama begitu sangat menjual bagi para perusahaan.  

Bagaimana, tertarik untuk menjadi sponsor di salah satu tim balap MotoGP?

Penulis: Muhammad Harris Muda