Formula 1

Keren! Formula 1 Akan Segera Dilengkapi dengan Teknologi Canggih

Jumat, 6 September 2019 16:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Formula 1 pada musim 2021 bakal memiliki banyak perubahan, terutama pada bagian mobil yang akan dilengkapi teknologi canggih. Copyright: © INDOSPORT
Formula 1 pada musim 2021 bakal memiliki banyak perubahan, terutama pada bagian mobil yang akan dilengkapi teknologi canggih.

INDOSPORT.COMFormula 1 rencananya akan melengkapi teknologi canggih di body mobil dan juga velg roda mulai musim 2021 mendatang bersamaan dengan regulasi baru yang telah dicanangkan.

Disadur dari laman berita olahraga Race Fans, rancangan peraturan anyar musim 2021 berencana akan menetapkan enam panel layar yang harus di pasang dalam masing-masing jet darat.

Dua di antaranya akan dipasang di kedua sisi mobil. Empat lainnya akan menampilkan panel berupa lampu LED yang dipasang ke rim atau pelek roda.

Nantinya teknologi canggih tersebut berguna untuk menampilkan informasi posisi dan saat pitstop, yang tentunya akan mempermudah memberikan informasi para penonton.

Sebenarnya teknologi ini bukanlah hal baru di dunia balap mobil. Sebelumnya kejuaraan seperti IndyCar dan World Endurance Championship (WEC) sudah menggunakannya terlebih dahulu.

IndyCar pernah menggunakan lampu pada pelek roda pada tahun 2015 dan juga sempat menggunakan panel layar pada mobilnya, tetapi menghapusnya tiga balapan yang lalu setelah terjadi beberapa masalah yang menjadi kendala.

Sebagai informasi tambahan, memang akan terjadi banyak perubahan regulasi mulai dari masalah keuangan tim, aturan teknis balapan, keuangan tim serta berapa aturan baru lainnya pada musim 2021 nanti.