Formula 1

Rookie McLaren Start Balapan GP Italia Diposisi Buncit, Kenapa?

Sabtu, 7 September 2019 16:24 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GettyImages
Lando Norris pembalap Formula 1 akan memulai balapan di posisi buncit di GP Italia 2019 Copyright: © GettyImages
Lando Norris pembalap Formula 1 akan memulai balapan di posisi buncit di GP Italia 2019

INDOSPORT.COM – Pembalap muda McLaren, Lando Norris akan start dari posisi buncit atau paling belakang di seri balapan Formula 1 GP Italia 2019, Minggu (08/09/19) nanti.

Pasalnya, pabrikan McLaren telah memutuskan untuk memasang unit mesin baru yakni Spec C di mobil Norris pasca kerusakan mesin yang dialaminya pada F1 GP Belgia sepekan yang lalu.

Keputusan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni sepanjang akhir pekan balapan tiap pembalap hanya diperkenankan menggunakan satu mesin saja. Jika pembalap mengganti mesin yang berbeda, maka harus terkena penalti dan memulai balapan dari barisan belakang.

"Mereka menemukan masalahnya, mereka sudah menyelesaikannya akhir pekan ini. Ini bukan sesuatu yang sangat sering terjadi atau telah terjadi sebelumnya.," kata Norris dilansir dari laman Formula Spy.

"Tim dan Renault sudah bekerja, saya harus mengatakan hal itu tidak akan terjadi lagi dan semoga kami tidak mengalami masalah lagi, tapi saya tidak bisa memastikannya," tambahnya.

Nantinya, Norris akan mengikuti jejak Max Verstappen (Red Bull) dan Pierre Gasly (Toro Rosso) yang juga akan start dari baris belakang lantaran akan menggunakan mesin baru.

Keduanya akan menggunakan mesin Honda baru yakni Spec 4 untuk balapan ini menyusul Daniil Kvyat dan Alex Albon yang melakukan hal serupa di akhir pekan lalu.