Formula 1

Tabrakan di FP3 Italia, Raikkonen Ganti 5 Gearbox

Minggu, 8 September 2019 13:02 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Black Express
Pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen Copyright: © Black Express
Pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen

INDOSPORT.COM - Kimi Raikkonen akan melakukan pergantian gearbox di lima tempat dalam mobilnya setelah mengalami kecelakaan parah di babak kualifikasi.

Pembalap asal Finlandia itu menabrak tikungan Parabolica pada putaran pertamanya di FP3, yang membuat beberapa pembalap lain kehilangan posisi terbaik mereka.

Dampak pada kecelakaan tersebut ada di bagian belakang mobil yang berarti bahwa tim Alfa Romeo tidak punya pilihan selain mengubah gearbox untuk balapan.

Raikkonen tidak dapat menyelesaikan balapan dan harus keluar lintasan tepat setelah kejadian. Namun, nantinya ia akan memulai balapan dari posisi ke-10.

Sementara itu, rekan satu tim Raikkonen, Antonio Giovinazzi, juga gagal masuk 10 besar dan ia harus memulai balapan nanti dengan start dari posisi ke – 11.

"Mobil itu rusak parah, itu bagiannya," kata Raikkonen seperti dikutip dari Motor Sport. "Saya pikir hasil kualifikasi cukup bagus dibandingkan dengan posisi kami sejauh ini.

Ia mengaku telah membuat kesalahan dan harus membayar harga untuk itu. Apalagi, itu jauh dari start ideal yang ia bayangkan akan terjadi di balapan.

"Ini jauh dari ideal. Mobil saya memiliki performa yang baguss sepanjang pekan ini, ada banyak potensi. Aku menggunakan ban bekas, hanya saja terlalu memberikan tekanan.” tambah Kimi Raikkonen.