MotoGP

Dua Sirkuit Terancam Tak Bisa Gelar MotoGP 2020, Ini Calon Penggantinya

Senin, 9 September 2019 15:44 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bike Sports News
Sirkuit Portimao, Portugal akan masuk dalam kalender MotoGP Copyright: © Bike Sports News
Sirkuit Portimao, Portugal akan masuk dalam kalender MotoGP

INDOSPORT.COMMotoGP Ceko dan Finlandia memang masuk dalam daftar kalender sementara balapan musim 2020, namun dua seri race tersebut terancam tak bisa digelar.

Melansir dari laman Crash, MotoGP secara resmi merilis daftar sementara balapan untuk musim depan di mana terdapat 20 seri balapan termasuk Finlandia yang berlangsung di sirkuit KymiRing yang baru masuk dalam ajang tersebut akan digelar pada musim depan.

Namun, MotoGP Finlandia dan Ceko yang berlangsung di sirkuit Brno terancam tak bisa digelar dan dicoret dalam daftar tersebut. Kontrak yang akan berakhir pada musim depan ternyata menjadi kendala bagi MotoGP Ceko untuk kembali menggelar balapan.

Tak hanya itu, pengaspalan kembali serta permasalahan finansial menjadi masalah utama lainnya yang membuat Brno berpotensi dicoret. Sementara untuk Finlandia, diminta untuk melakukan beberapa modifikasi ulang karena dinilai belum memenuhi persyaratan 'circuit homologation'.

Dicoretnya dua race membuat Portugal atau sirkuit Portimao masuk sebagai race cadangan karena dianggap oleh pihak MotoGP cukup menjanjikan baik dari segi sirkuit maupun pasar.

Portugal juga sudah diberi mandat oleh pihak MotoGP untuk bersiap menyelenggarakan balapan pada musim 2020 dan akan menjadi yang pertama kalinya di Portugal sejak terakhir kali digelar pada 2012 silam.

Kabar tersebut juga telah dikonfirmasi secara langsung oleh Presiden FIM Jorge Viegas yang mengatakan bahwa Portugal sudah mencapai kesepakatan pra-kontrak untuk menggelar balapan rutin mulai 2022.

Sebagai informasi tambahan, lintasan ini memiliki panjang 4.692 km dan terletak di daerah Portimao yang dirancang oleh Ricardo Pina. Selain dibangun dengan biaya sekitar Rp3,5 triliun, lintasan kuda besi tercepat di dunia ini juga memiliki fasilitas lengkap dan mewah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%