MotoGP

Sirkuit Misano Punya Kararter Unik, Michelin Siapkan Ban Khusus di MotoGP San Marino 2019

Selasa, 10 September 2019 18:17 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Chris Covatta/Getty Images
Michelin bakan menyiapkan ban khusus untuk balapan MotoGP San Marino 2019. Copyright: © Chris Covatta/Getty Images
Michelin bakan menyiapkan ban khusus untuk balapan MotoGP San Marino 2019.

INDOSPORT.COM – Michelin selaku pemasok ban untuk kejuaraan MotoGP telah mengumumkan jenis ban yang akan digunakan di seri balap ke-13 MotoGP San Marino, Minggu (15/09/19).

Usai menjalani jeda selama kurang lebih tiga pekan, para rider akan menjalani balapan yang berlangsung di sirkuit Misano. Sirkuit yang memiliki panjang 4,226 kilometer dan memiliki 10 tikungan ke kanan, enam ke kiri serta aspal yang cukup kasar terhadap ban menjadi tugas tersendiri bagi Michelin.

Karakteristik tersebut pun menjadi tantangan bagi penyedia ban MotoGP itu, hingga akhirnya mereka akan mengalokasikan ban dengan karakter yang berbeda.

Menyadur dari laman Paddock GP, mereka akan menggunakan ban depan dan belakang sama-sama berkompon soft, medium, dan hard. Namun, pada ban belakang medium dan hard akan dirancang asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras untuk mengatasi jumlah tikungan di Misano.

Sedangkan untuk jenis ban basah, Michelin akan mempersiapkan kompon soft dan extra soft untuk ban depan (simetris), serta ban belakang soft (asimetris) dan medium.

Pemilihan tersebut juga diyakini oleh Manajer Balap Roda Dua Michelin, Piero Taramasso sudah tepat dan akan membuat balapan di Misano akan semakin menarik dengan karakter ban yang dialokasikan.

“Balapan di Misano pada musim lalu berlangsung sukses. Para pembalap berhasil mencatatkan waktu satu putaran dengan cepat dan memecahkan rekor. Semua komponen ban bekerja dengan baik dan mencatat waktu yang konstan selama 27 putaran,” ujar Taramasso.

“Kami akan berusaha mengulangi catatan apik tersebut dan memberikan opsi ban yang lebih banyak bagi para pembalap dan tim,” tutupnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%