In-depth

Meramal Podium Juara MotoGP San Marino 2019: Panggung Para Pembalap Yamaha

Sabtu, 14 September 2019 18:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© @sophia_wrc
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo. Copyright: © @sophia_wrc
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo.

INDOSPORT.COM - Balapan MotoGP 2019 akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Memasuki seri ke-13, balapan akan digelar di Italia dalam tajuk GP San Marino di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (14/09/19). 

Balapan nanti tentu bakal berjalan seru dan diprediksi akan menghasilkan sejumlah kejutan. Tanda-tanda itu sudah terlihat sejak sesi free practice (FP) pertama sampai ketiga. 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampak kesulitan menyongsong balapan ini. Marquez gagal jadi yang tercepat dalam tiga sesi latihan bebas yang digelar kemarin (13/09/19) hingga hari ini (14/09/19). 

Marquez harus mengakui dominasi para pembalap Yamaha dalam tiga kali sesi FP. Ya, pembalap-pembalap dari pabrikan Yamaha maupun satelit mampu mendominasi atas Honda dan Ducati. 

Pada FP hari pertama, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menjadi yang tercepat setelah membukukan waktu putaran 1 menit 32, 775 detik. 

Posisi Vinales diikuti oleh Fabio Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha SRT. Di posisi keempat nangkring pembalap kawakan, Valentino Rossi, dari Monster Energy Yamaha.

Sementara favorit juara, Marc Marquez, nyempil di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 33,171 detik. 

Pada sesi FP ketiga kondisi pun tak jauh berbeda. Fabio Quartararo yang pada seri GP Inggris pekan lalu harus terjatuh mampu menjadi yang tercepat. 

Posisi Quartararo masih ditempel pembalap Yamaha lainnya, Maverick Vinales. Sedangkan Marquez ada di posisi keempat. 

Dari hasil ini mulai terbaca bahwa para pembalap Yamaha nyaman mengaspal di Sirkuit San Marino. Settingan motor Yamaha dinilai tepat dengan karakteristik sirkuit San Marino. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Valentino Rossi. The Doctor mengatakan bahwa motornya, Yamaha YZR-M1, memiliki daya cengkeram yang bagus di Sirkuit Misano ini.

"Motor kami bekerja dengan cukup baik dan sempurna di sini (Misano), kami memiliki grip yang cukup mumpuni," ujar Rossi dikutip dari Speedweek.

Hal senada diungkapkan oleh Fabio Quartararo. Quartararo menganggap motor Yamaha yang ditungganginya cocok dengan lintasan Sirkuit Misano. 

"Motor kami cocok dengan lintasan ini dengan sangat baik sehingga pasti jika salah satu pembalap Yamaha memenangkan perlombaan ini akan sangat bagus, karena tahun ini (hanya) Maverick yang memenangkannya," katanya.

Dengan hasil baik dalam tiga FP GP San Marino, Yamaha pun diindikasikan akan bertarung merebut podium dalam race Minggu besok. 
 
Mengejutkan 

Dominasi Yamaha memang cukup mengejutkan mengingat dalam dua musim terakhir Yamaha gagal naik podium di GP San Marino. Pada musim 2017 Marc Marquez keluar sebagai juara diikuti oleh Danilo Petrucci dari Octo Pramac dan Andrea Dovizioso dari Ducati. 

Sementara pada musim 2018, GP San Marino jadi milik Andrea Dovizioso yang diikuti oleh duo Honda, Marc Marquez dan Cal Crutchlow. 

Pada musim 2019 ini Marc Marquez harus mewaspadai penuh para rider-rider Yamaha jika tak ingin gagal naik podium. Marquez memiliki peluang besar untuk naik podium di GP San Marino, namun untuk posisi podium pertama, rasanya cukup pantas diberikan kepada Vinales atau pun Quartararo. 

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%