Formula 1

Pembalap 'Penghancur' Rio Haryanto Dilarang Bergabung dengan Mercedes, Kenapa?

Sabtu, 14 September 2019 20:31 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© getty images
Bos Mercedes, Toto Wolff mengatakan tak akan menggunakan jasa Esteban Ocon. Copyright: © getty images
Bos Mercedes, Toto Wolff mengatakan tak akan menggunakan jasa Esteban Ocon.

INDOSPORT.COM – Bos pabrikan Mercedes, Toto Wolff mengatakan bahwa Esteban Ocon tak akan bergabung dengan tim berjuluk Silver Arrows.

Pembalap yang disebut-sebut sebagai ‘penghancur’ Rio Haryanto lantaran pernah mendepak pembalap asal Indonesia tersebut di tim Manor Racing pada musim balapan 2016 silam itu dikabarkan tak akan bisa bergabung dengan tim Mercedes.

Pasalnya, Wolff mengonfrimasi bahwa Ocon yang sempat menjadi pembalap cadangan di tim Mercedes tak akan bisa kembali jika suatu saat nanti duo pembalap utama, Lewis Hamilton atau Valtteri Bottas hengkang.

Lantaran status Ocon pada musim depan 2020 akan menjadi pembalap penuh di tim Renault dan sudah tak ada hubungan apapun dengan Mercedes.

"Tidak, tidak ada klausa. Dia adalah pembalap Renault yang bekerja penuh selama dua tahun ke depan dan dengan opsi-opsi tertentu setelahnya. Tidak ada klausa untuk kembali pada 2021,” ujar Wolff, dilansi dari laman berita olahraga Race Fans.

Di sisi lain, Ocon telah bekerja sama di bagian simulator tim Mercedestahun ini. Tanggung jawabnya meliputi peningkatan pengujian sebelum diterapkan pada mobil di lintasan. Namun Wolff mengatakan bahwa kepindahannya berarti pekerjaannya di bagian pengembangan akan dibatasi.

"Pekerjaannya akan dibatasi. Saya bilang 'semakin lama kamu tinggal, semakin banyak informasi yang kamu bawa' dan dia berkata 'tentu saja aku akan membawa semua informasi ini bersamaku'” tambahnya.

Pada akhir Agustus lalu, Ocon dipastikan akan menggantikan peran Nico Hulkenberg usai sempat menjadi pembalap pengganti Mercedes selama kurun waktu kurang dari setahun sejak bergabung tahun 2019 ini.