MotoGP

MotoGP Aragon: Bukan Lintasan Bagi Pembalap Luar Spanyol, Rossi dan Dovi Bakal Sulit Menang!

Minggu, 22 September 2019 07:21 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© twitter/@btsportmotogp
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez Copyright: © twitter/@btsportmotogp
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

INDOSPORT.COM - Jelang MotoGP Aragon, terdapat satu fakta menarik bahwa lintasan ini bukan untuk pembalap luar Spanyol sehingga Rossi dan Dovizioso diprediksi bakal sulit meraih kemenangan.

Balapan MotoGP Aragon sendiri akan berlangsung pada Minggu (22/9/19) sore WIB, balapan ini jadi pembuktian para pembalap 'asing' untuk bisa berjaya serta menaklukan kutukan Motorland Aragon.

Pasalnya sejak pertama kali sirkuit Aragon menjadi bagian MotoGP tahun 2010 silam, hanya dua negara yang berhasil menyumbangkan pembalapnya di podium juara pertama.

Negara tersebut adalah Australia yang diwakili oleh Casey Stoner, serta Spanyol yang silih berganti dimenangkan oleh Dani Pedrosa, Marc Marquez serta Jorge Lorenzo.

Sulitnya lintasan Aragon juga berlanjut di level bawah setelah MotoGP yakni Moto3, Moto2 serta kelas 125 cc. Di mana rider asal Spanyol selalu jadi penguasa, mungkin hanya level Moto2 yang dalam tiga musim terakhir tak dimenangkan oleh pembalap Spanyol.

Namun, sejak tahun 2011 hingga 2015, para pembalap Spanyol macam Esteve Rabat, Maverick Vinales, Nicolas Terol, Pol Espargaro, hingga Marc Márquez sukses merajai podium pertama.

Bahkan, di MotoGP statistik pebalap Spanyol di sirkuit Aragon sangatlah mengerikan, terutama bagi Marc Marquez lantaran rider berusia 26 tahun ini telah empat kali naik podium pertama di Aragon serta jadi pembalap terbanyak yang juara di series Aragon.

Total selama sembilan tahun MotoGP Aragon jadi bagian MotoGP, sebanyak 19 pembalap Spanyol sukses menjadi juara pertama sedangkan pembalap luar Spanyol yang jadi juara adalah Romano Fenati (Italia), Miguel Oliveira (Portugal), Brad Binder (Afrika Selatan), Franco Morbidelli (Italia), Sam Lowes (Inggris), serta Andrea Iannone (Italia) dan Casey Stoner (Australia).

Pada musim ini pun tampaknya MotoGP Aragon bakal jadi milik pembalap Spanyol, setidaknya jika berkaca pada hasil kualifikasi MotoGP yang baru saja berakhir hari ini, Sabtu (21/9/19).

Marc Marquez sukses meraih pole position dengan catatan waktu satu jam 47 menit dan 009 detik. Ini merupakan kali kesembilan Marquez meraih pole position di sepanjang tahun 2019.

Pembalap Repsol Honda itu disusul Rookie dari Yamaha, Fabio Quartararo dengan selisih 0,327 detik, dan Maverick Vinales berada di urutan ketiga, tertinggal 0,463 detik dari Marquez.

Kesempatan juara dari pembalap luar Spanyol mungkin akan berada di pundak Fabio Quartararo, lantaran pembalap asal Prancis itu raih posisi kedua tepat berada di belakang Marc Marquez.

Namun jika melihat kekuatan motor yang ada, tampak jika Marc Marquez akan sangat sulit dikejar dan akhirnya MotoGP Aragon akan kembali dimenangkan oleh pembalap Spanyol lagi.

Apalagi, salah satu pesaing terdekat Marc Marquez di papan klasemen sementara, Andrea Dovizioso tercecer jauh di belakang dan harus memulai balapan dari urutan ke-10.

Dengan catatan tersebut, menarik untuk dinanti apakah GP Aragon akan kembali dimenangkan oleh pembalap Spanyol atau ada rider lain yang mampu menaklukan kutukan Motorland Aragon.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%