Formula 1

Hasil Balapan Formula 2 Rusia 2019: Lolos Tabrakan, Sean Gelael Finish Posisi ke-7

Minggu, 29 September 2019 17:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© FIA Formula 2
Sean Gelael, pembalap PREMA Racing Copyright: © FIA Formula 2
Sean Gelael, pembalap PREMA Racing

INDOSPORT.COM – Pembalap UNI-Virtuosi Racing, Luca Giotto, sukses meraih juara race Formula 2 (F2) Rusia 2019, Minggu (29/09/19), di Sirkuit Sochi Autodrom. Sementara pembalap asal Indonesia, Sean Gelael, berhasil finish di posisi ketujuh berkat insiden tabrakan rivalnya.

Mewakili Prema Racing, Sean Gelael beruntung bisa finish di posisi ketujuh meski dirinya memulai balapan dari posisi ke-13 menurut hasil kualifikasi di hari sebelumnya.

Pembalap Tim Jagonya Ayam ini berhasil mencatatkan waktu 1:18:31.672, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 53.051 detik.

Posisi Gelael membaik sejak menit pertama menyusul insiden tabrakan yang dialami Nikita Mazepin (ART Grand Prix) dengan Nobuharu Matsushita (Carlin Motorsports) usai melewati tikungan pertama lap kesatu.

Kedua pembalap sempat bersenggolan sebelum menabrak papan pembatas. Mereka akhirnya tak bisa melanjutkan balapan karena harus dilarikan ke rumah sakit.

Setelah sempat terhenti selama 45 menit, balapan pun kembali dilanjutkan. Namun, karena insiden tabrakan, balapan pun akhirnya dikurangi jadi 15 laps dari awalnya 21 laps.

Posisi pole pun akhirnya diambil alih sang juara, dari tim UNI Virtuosi, Luca Ghiotto, yang awalnya memulai balapan dari posisi ke-5, sedangkan Gelael memulai dari posisi ke-7 dan tertahan sampai akhir balapan.

Luca Giotto berhasil mencatatkan waaktu 1:18:21.329, dengan waktu terbaiknya yakni 1 menit 52.354 detik dengan kecepatan 67.018, selisih 0,712 dari pembalap ART Grand Prix, Nyck de Vries.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Callum Ilott, dari tim Sauber Junior Team by Charouz, dan menyusul Nicolas Latifi (DAMS) dan Guanyu Zhou (UNI-Virtousi) di urutan keempat dan kelima.

Rekan Gelael, Nick Schumacher terpaksa retire saat memasuki lap ke-8. Putra dari legenda Formula 1 gagal meraih posisi usai terlibat kontak dengan Matevos Isaakyan yang finish di posisi ke-12.