Formula 1

Sebastian Vettel dan Charles Leclerc Berpotensi Kisruh, Mantan Petinggi Peringatkan Tim Ferrari

Rabu, 2 Oktober 2019 15:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© PlanetF1
Charles Leclerc dan Sebastian Vettel merupakan dua pembalap Ferrari. Copyright: © PlanetF1
Charles Leclerc dan Sebastian Vettel merupakan dua pembalap Ferrari.

INDOSPORT.COM – Duet antara Sebastian Vettel dan Charles Leclerc harus ditangani Ferrari dengan sangat hati-hati karena keduanya berpotensi saling berseteru jika sampai salah menanganinya, menurut mantan direktur teknis Ferrari, Ross Brawn.

Baik Vettel maupun Leclerc telah menjadi sorotan saat GP Rusia akhir pekan lalu, lantaran terlibat kontroversi team order Ferrari dan gagalnya kesepakatan mewujudkan finis 1-2 di sirkuit Sochi. Posisi tersebut malah diraih oleh Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Namun menurut Brawn yang kini menjabat sebagai direktur pelaksana Formula 1, Ferrari harus segera mengendalikan masalah internal tersebut. Ia percaya bos Ferrari, Mattio Binotto, yang punya segudang pengalaman akan mampu mengatasi masalah tersebut.

“Ferrari memiliki Vettel yang masih menjadi salah satu pembalap terbaik meski sempat melakukan kesalahan dalam beberapa balapan. Di sisi lain mereka memiliki sosok pembalap luar biasa seperti Leclerc,” ujar Brawn, dilansir dari laman Motorsport.

“Suatu kombinasi yang berpotensi eksplosif dan membutuhkan penanganan yang baik. Mattia sangat menyadari bagaimana dinamika semacam ini seperti pengalaman yang telah dimilikinya. Ia berkewajiban memastikan mekanisme yang bisa membuat rivalitas berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Brawn merupakan otak di balik era keemasan Ferrari saat Michael Schumacher merebut lima gelar juara dunia secara beruntun dari 2000 hingga 2004, ditambah dua kemenangan bersama Benetton.

Saat ini Vettel masih menempati posisi kelima klasemen sementara Formula 1 2019 dengan raihan 194 poin. Sementara Leclerc terus melanjutkan performa apiknya dengan merangsek ke posisi ketiga dengan raihan 215 poin.