MotoGP

Rekor-rekor di Luar Nalar Marc Marquez Usai Kunci Gelar Juara MotoGP 2019

Minggu, 6 Oktober 2019 15:53 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFP/Getty Images
Marc MArquez melakukan selebrasi di podium juara dunia MotoGP Copyright: © AFP/Getty Images
Marc MArquez melakukan selebrasi di podium juara dunia MotoGP

INDOSPORT.COM – Rekor-rekor baru tercipta usai pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019 di Thailand, Minggu (06/10/19).

Marquez memastikan gelar juara dunia usai memenangi seri MotoGP Thailand di Buriram, mengalahkan Fabio Quartararo di tikungan terakhir.

Dengan koleksi 325 poin, perolehan angka Marquez sudah tak bisa dikejar lagi oleh pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, meski masih menyisakan empat seri tersisa.

Pembalap asal Spanyol tersebut berhasil memenangi sembilan balapan di musim 2019 dengan menduduki 14 podium dan sembilan kali pole position.

Marquez berhak meraih gelar juara keenam di kelas MotoGP atau yang kedelapan dalam sepanjang kariernya di ajang World Championship.

Selain rekor yang telah disebutkan di atas, masih ada rekor lain yang ditorehkan Marquez usai meraih gelar juara dunia kedelapan. Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.

  • Juara terbanyak di kelas premier pada usia 26 tahun
  • Juara termuda yang meraih enam kali juara kelas premier di usia 26 tahun 231 hari
  • Juara termuda yang meraih delapan juara dunia di usia 26 tahun 231 hari
  • Termasuk satu dari tiga pembalap yang meraih enam kali atau lebih juara kelas premier selain Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8)
  • Termasuk satu dari enam pembalap yang meraih delapan kali atau lebih juara dunia di semua kelas selain Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13), dan Giacomo Agostini (15)
  • Marquez selalu meraih gelar juara MotoGP bersama tim Honda
  • Marquez (6) menjadi pembalap Honda tersukses di kelas premier melewati Mick Doohan (5)
  • Marquez memenangkan setidaknya lima gelar kelas premier dalam tujuh tahun terakhir mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Valentino Rossi (2001-2006) dan Giacomo Agostini (1967-1972) yang meraih setidaknya lima juara kelas premier dalam enam tahun terakhir secara beruntun.