MotoGP

Brasil Siap Gelar MotoGP setelah 'Menghilang' Selama Belasan Tahun

Jumat, 11 Oktober 2019 11:49 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Brasil menyusul Finlandia dan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. Copyright: © INDOSPORT
Brasil menyusul Finlandia dan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

INDOSPORT.COM - Brasil siap menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP 2022. Ini menandai kembalinya MotoGP ke Negeri Samba itu setelah 18 tahun.

Sebelumnya, MotoGP telah mengumumkan akan menggelar 22 balapan mulai 2022. Jumlah tersebut lebih banyak dari seri yang digelar musim ini. 

Pada tahun 2020, Finlandia akan menjadi salah satu tuan rumah. Sementara mulai 2021, Indonesia sudah mendapatkan kontrak untuk satu slot tambahan. 

Dilansir dari laman berita olahraga Crash, Brasil diumumkan menjadi tuan rumah MotoGP untuk lima musim. Rencananya, arena yang digunakan adalah Rio de Janeiro dengan trek baru bernama Rio Motorpark yang diprediksi akan selesai dibangun pada tahun 2021.

Trek tersebut diperkirakan memiliki panjang lintasan 4,5 km dengan tujuh tikungan ke kiri dan enam tikungan ke kanan. Diperkirakan waktu putarannya akan ada di kisaran 1 menit 38 detik untuk kelas MotoGP.

"Kabar bahwa kami akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2022 merupakan suatu kemajuan besar bagi kota kami," tutur Marcelo Crivella, Wali Kota Rio de Janeiro. 

Hal yang sama juga diutarakan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Ia juga menyebut Brasil merupakan pasar penting untuk balap motor. 

"Saya bangga bisa mengumumkan bahwa MotoGP akan kembali digelar di Rio de Janeiro. Brasil adalah pasar penting untuk motor, balap motor, dan otomotif, dengan sejarah yang patut dibanggakan dan semoga ke depannya semua dapat berjalan baik," ujar Carmelo.

Brasil yang terakhir kali menggelar balapan MotoGP pada tahun 2004 silam di Jacarepagua, sebenarnya telah mengajukan menjadi tuan rumah pada 2014. Namun, kesepakatan tersebut gagal diwujudkan.