Formula 1

Charles Leclerc dan Ferrari Dapat Hukuman di GP Jepang, Kenapa?

Minggu, 13 Oktober 2019 19:33 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Massimo Pinca/Reuters
Charles Leclerc dan tim Scuderia Ferrari mendapatkan hukuman penalti dan denda di GP Jepang 2019. Copyright: © Massimo Pinca/Reuters
Charles Leclerc dan tim Scuderia Ferrari mendapatkan hukuman penalti dan denda di GP Jepang 2019.

INDOSPORT.COMCharles Leclerc dan tim Ferrari mendapatkan hukuman dua penalti sekaligus denda sejumlah uang di seri ke-17 Formula 1 GP Jepang, Minggu (13/10/19).

Kabar tersebut diketahui dari akun Twitter Andrew Benson yang merupakan jurnalis senior Formula 1, di mana ia mengunggah sebuah ‘surat’ terkait balapan yang dilakoni Leclerc di sirkuit Suzuka.

Pembalap asal Monako tersebut mendapat dua penalti yakni terkait insidennya dengan Max Verstappen, yakni ketika mobil keduanya sempat bersenggolan di lap awal.

Usai diinverstigasi, penalti tersebut berupa lima detik untuk insidennya dengan pembalap tim Red Bull, dan 10 detik karena memaksa membalap dengan kondisi mobil rusak.

Jadi, Leclerc akan mendapatkan total penalti 15 detik. Sementara tim Ferrari juga mendapatkan denda senilai 25 ribu euro atau setara dengan Rp390 juta lantaran tidak memanggilnya lebih awal, padahal sayap depannya mengalami kerusakan.

Buntut dari insiden tersebut, Leclerc turun satu posisi. Sebelumnya ia finish diurutan keenam, namun harus turun peringkat ketujuh. Sementara Danny Ricciardo (Renault) yang menempati posisi ketujuh naik satu peringkat.

Kejadian yang menimpa Leclerc dan Verstappen pun memaksa rivalnya asal Belanda memutuskan untuk tidak menyelesaikan balapan atau Did Not Finish (DNF) pada lap ke-15 lantaran mengalami masalah teknis.

Meski terdepak dari lima besar, namun Leclerc masih nyaman berada di peringkat ketiga dengan mengantongi 223 poin di klasemen sementara Formula 1 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%