Formula 1

Gara-gara Kesalahan Teknis, GP Jepang Ternyata Hanya Digelar 52 Lap

Minggu, 13 Oktober 2019 22:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Peter J Fox/Getty Images
Grand Prix F1 Jepang di Sirkuit Suzuka pada, Minggu (13/10/2019) di Suzuka, Jepang. Copyright: © Peter J Fox/Getty Images
Grand Prix F1 Jepang di Sirkuit Suzuka pada, Minggu (13/10/2019) di Suzuka, Jepang.

INDOSPORT.COM – Terjadi kesalahan teknis di seri balapan ke-17 Formula 1 GP Jepang 2019, Minggu (13/10/19), di mana lampu finish menyala terlalu cepat, membuat balapan tersebut semula digelar 53 menjadi 52 lap saja.

Melansir dari laman Race Fans, kesalahan tersebut ternyata menjadi berkah tersendiri bagi pembalap Racing Point, Sergio Perez yang seharusnya Did Not Finish (DNF) lantaran mengalami kecelakaan usai menyenggol jet darat Pierre Gasly (Toro Rosso) di lap ke-53.

Hal ini memberikan keuntungan bagi Perez, di mana ia dinyatakan finish kesembilan, sesuai posisi di akhir lap 52. Sementara Nico Hulkenberg (Renault) harus rela turun peringkat ke posisi 10. Sementara Lance Stroll (Racing Point) juga harus turun urutan ke-11 sekaligus gagal mendapat poin.

Hasil akhir tersebut juga mengacu kepada regulasi FIA Pasal 43,2 yang berarti keputusan lap terakhir ialah saat lampu finish menyala, di mana jalannya balapan hanya berlaku 52 lap, bukan 53.

FIA dan penyelenggara GP Jepang saat ini masih menyelidiki mengapa lampu finish itu menyala lebih awal, dan tidak sesuai dengan rencana yang telah disiapkan.

Namun, beberapa informasi mengatakan bahwa insiden tersebut bisa terjadi karena bug yang dicurigai menjadi penyebab utama bendera finis keluar duluan secara otomatis satu lap dari yang seharusnya.