MotoGP

Pongah, Marc Marquez Berniat Kawinkan Tiga Gelar untuk Honda

Rabu, 16 Oktober 2019 18:31 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Repsol Honda Team
Marc Marquez melakukan selebrasi usai juara dunia MotoGP 2019. Copyright: © Repsol Honda Team
Marc Marquez melakukan selebrasi usai juara dunia MotoGP 2019.

INDOSPORT.COMMarc Marquez masih memiliki ambisi di sisa empat seri balapan MotoGP pada musim ini. Rider asal Spanyol tersebut berniat untuk mengawinkan tiga gelar sekaligus usai dirinya berhasil mengunci gelar juara kelas premier untuk keenam kalinya pada musim balapan 2019.

Rider berjuluk The Baby Alien tersebut masih berambisi meraih tiga gelar yakni sebagai pembalap peraih gelar juara dunia MotoGP, juara konstruktor dan juara tim untuk Honda.

“Target saat ini ialah untuk memenangi Triple Crown (tiga gelar) sekaligus, yakni kejuaraan konstruktor sudah terlihat, namun kejuaraan tim akan sulit, tapi tentu saja kami tak akan menyerah, dan semuanya akan dimulai di MotoGP Jepang,” kata Marquez, dilansir dari laman Crash.

Marquez telah berhasil membawa Repsol Honda unggul di klasemen sementara konstruktor MotoGP 2019 dengan koleksi 331 poin atau unggil 77 poin dari rival sengitnya yakni Ducati.

Sementara untuk perebutan gelar tim, Repsol Honda saat ini berada diperingkat kedua, di mana hanya terpaut 19 poin dari Ducati yang digawangi oleh Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Sebagai informasi tambahan, titel atau raihan poin setiap MotoGP didapat dua pembalap dalam satu tim yang akan dikumpulkan di klasemen tim, termasuk dari rider pengganti namun bukan embalap yang mendapatkan wildcard.

Sedangkan persaingan dalam hal konstruktor terdapat beberapa tim yang memakai mesin dari pabrikan yang sama. Maka, poin di klasemen konstruktor diperoleh dari hanya satu motor dari konstruktor yang bersangkutan yang finish paling baik dalam sebuah seri balapan.