MotoGP

Teknik Pengereman yang Buat Valentino Rossi Masih Pantas Dijuluki Raja Tikungan

Sabtu, 19 Oktober 2019 19:52 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Valentino Rossi memamerkan teknik pengereman keren yang membuatnya masih layak dijuluki Raja Tikungan MotoGP. Copyright: © INDOSPORT
Valentino Rossi memamerkan teknik pengereman keren yang membuatnya masih layak dijuluki Raja Tikungan MotoGP.

INDOSPORT.COM – Meski sudah berusia 40 tahun, Valentino Rossi tak henti-hentinya memberikan kejutan, termasuk memamerkan gaya teknik braking atau pengereman yang membuktikan ia masih pantas dijuluki Raja Tikungan di MotoGP.

Pada sesi latihan bebas ketiga atau Free Practice ketiga (FP3) MotoGP Jepang, Sabtu (19/10/19), rider berjuluk The Doctor tersebut menunjukan gaya pengereman yang berbeda dari biasanya.

Valentino Rossi dikenal sebagai pembalap yang gemar menggunakan tiga jari saat melakukan pengereman bagian depan. Namun pada FP3 di Motegi, ia mengubah gaya membalapnya dengan pengerem dua jari alias 2-finger braking technique.

Menyadur dari laman resmi MotoGP, rider tim Monster Energy Yamaha tersebut tertangkap kamera menggunakan teknik yang lazim digunakan oleh para pembalap muda, yang mana juga membuatnya lebih mudah saat menikung.

Valentino Rossi sebelumnya memang terkenal sebagai Raja Tikungan karena kemampuannya saat melewati belokan, dan mahir melakukan late braking dan akselerasi usai keluar tikungan.

Pembalap senior Monster Energy Yamaha tersebut akan kembali unjuk gigi di MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi pada Minggu (20/10/19) esok, dan akan memulai start di posisi ke-10.