MotoGP

Hasil MotoGP Jepang: Marquez Juara, Quartararo Raih Rookie of The Year

Minggu, 20 Oktober 2019 14:49 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Fabio Quartararo dalam lintasan balap GP Thailand Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Fabio Quartararo dalam lintasan balap GP Thailand

INDOSPORT.COM – Rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo berhasil meraih gelar Rookie of The Year 2019 meski hanya mampu meraih posisi runner up di MotoGP Jepang pada Minggu (20/10/19), setelah tak mampu mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) yang menjadi juara di sirkuit Twin Ring Motegi.

Marquez berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 41,492 detik dan mampu unggul dari Quartararo dan Andrea Dovizioso (Ducati Team) yang meraih podium kedua dan ketiga.

Meski Marc Marquez didapuk menjadi juara, namun Quartararo turut mencuri perhatian lantaran berhasil meraih gelar Rookie of The Year MotoGP 2019 setelah unggul dari rider berstatus debutan lainnya yakni Joan Mir, Francesco Bagnaia (Pramac Racing), dan Miguel Oliviera (KTM).

Sebenarnya dalam jalannya balapan, Quartararo sempat membuat Marquez selaku peraih pole position sempat goyah di lap-lap awal lantaran disalip oleh rookie asal Prancis tersebut di tikungan tujuh yang sebelumnya juga berhasil menyalip rekan setimnya yakni Franco Morbidelli.

Namun, Marquez berhasil kembali meraih posisi terdepan dengan menyalip rival mudanya tersebut di tikungan 10, dan rider berjuluk The Baby Alien tersebut pun langsung memperlebar jarak dari Quartararo dengan terus menggeber motor RC213V miliknya.

Sementara itu, di posisi ketiga berhasil di tempati oleh Dovizioso yang memulai balapan di urutan ketujuh usai sukses menyalip beberapa rivalnya seperti Morbidelli, Jack Miller (Alma Pramac Racing) dan sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Di sisi lain, saat balapan tersisa empat lap lagi, kecelakaan tunggal terjadi usai Valentino Rossi terjatuh di tikungan pertama yang membuatnya gagal finis di Motegi.

Hingga balapan MotoGP Jepang berakhir, posisi tiga besar tak berubah. Marquez kembali didapuk sebagai pemenang, diikuti oleh Quartararo dan Dovizioso melengkapi podium ketiga.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%