MotoGP

Detik-detik Pembalap KTM Terseret dan Terguling di Tikungan MotoGP Australia

Minggu, 27 Oktober 2019 10:15 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
© Eric Alonso/MB Media/Getty Images
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Mika Kallio, mengalami peristiwa horor saat dirinya melewati tikungan Doohan di kualifikasi MotoGP 2019 Australia. Copyright: © Eric Alonso/MB Media/Getty Images
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Mika Kallio, mengalami peristiwa horor saat dirinya melewati tikungan Doohan di kualifikasi MotoGP 2019 Australia.

INDOSPORT.COM - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Mika Kallio, mengalami peristiwa horor saat dirinya melewati tikungan Doohan di kualifikasi MotoGP 2019 Australia.

Sesi kualifikasi MotoGP Australia yang berlangsung pada Minggu, 27 Oktober 2019 di Sirkuit Philip Island itu telah berakhir. Pembalap dari tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mampu menjadi yang tercepat dengan 1 menit 28,492 detik.

Di posisi dua, ada pembalap asal Prancis, Fabio Quartaro dengan 1 menit 29,043 detik, sementara Marc Marquez dari tim Repsol Honda berada di posisi tiga dengan 1 menit 29,216 detik. Di posisi empat ada Valentino Rossi dengan 1 menit 29,243 detik.

Pada sesi ini, terjadi beberapa kali kecelakaan. Salah satunya adalah pembalap dari tim Red Bull KTM yang bernama Mika Kallio.

Sosok berusia 36 tahun itu tergelincir dan terguling di tikungan yang disebut 'Doohan Corner'. Momen ini diabadikan melalui unggahan akun Twitter resmi MotoGP.

Dalam video berdurasi singkat itu, terlihat Mika Kallio akan memasuki Doohan Corner, namun tiba-tiba ia kehilangan keseimbangan dan terlepas dari motor. Bersama kendaraannya, Kallio terseret ke luar lintasan dan terguling beberapa kali. 

Bahkan, pada detik ke-5 bisa dilihat kepala pembalap itu membentur pasir dengan keras. Peristiwa itu tentu membuat dirinya kecewa dan Kallio mengekspresikan perasaannya itu pada detik ke-12 dengan memukul tanah. Beruntung, ia tidak terluka karena hal tersebut dan bisa melanjutkan kualifikasi.

Karena kejadian tersebut, Mika Kallio hanya mampu berada di peringkat 18 sesi Kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Philip Island dengan waktu 1 menit 30,495 detik. Ia berada satu tingkat di atas pembalap Honda, Jorge Lorenzo yang berada di posisi 19 dengan 1 menit 31,179 detik.

Setelah sesi kualifikasi, Anda bisa menyaksikan sesi balapan (race) pada Minggu (27/10/19) pukul 11.00 WIB. Lebih khususnya menyaksikan pertandingan seru antara Marc Marquez vs Valentino Rossi yang memiliki selisih satu tingkat saja di klasemen.