MotoGP

Jago Nikung, Marc Marquez Kembali Cetak Rekor di Luar Nalar

Senin, 28 Oktober 2019 16:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COMMarc Marquez kembali mencatat rekor di dunia MotoGP, setelah rider Repsol Honda tersebut menunjukan tajinya yakni menikung dengan lean angle yang sangat miring.

Pada rangkaian gelaran MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, rider berjuluk The Baby Alien tersebut mencoba ban baru Michelin di sesi tambahan tes ban.

Marc Marquez pun menjalani tes tersebut dengan menyuguhkan aksi menikung dengan lean angle atau sudut kemiringan sampai 70,8 derajat, dalam kecepatan 67 km per jam saat ban depannya kehilangan traksi di tikungan 10.

Lantas, kuda besi RC213V yang ditungganginya pun sempat kehilangan keseimbangan dan nyaris terjatuh. Namun, pembalap berpaspor Spanyol tersebut berhasil mengontrol motornya.

Aksi yang dilakukan oleh Marquez pun menjadi rekor baru di dunia MotoGP dan memecahkan rekornya sendiri. sebelumnya, Marquez melakukan manuver berbelok dengan kemiringan 66 derajat dalam sesi latihan bebas MotoGP Jerman 2019 pada Juli lalu.

Melakukan hal di luar nalar dan bertindak nekat nampaknya menjadi hobi tersendiri bagi Marquez lantaran untuk mencari limit dari motor, ban, dan juga tikungan saat melakukan sesi latihan.

Saat ini, Marc Marquez kian kokoh berada di posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan mengoleksi 375 poin atau selisih 135 angka dari Andrea Dovizioso (Ducati).