Formula 1

Terlalu Perkasa, Lewis Hamilton Diminta Pensiun dari Formula 1

Senin, 18 November 2019 13:44 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images/Dan Istitene
Mantan CEO Formula 1 (F1) Group yang bernama Bernie Ecclestone, meminta pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, untuk pensiun saja. Copyright: © Getty Images/Dan Istitene
Mantan CEO Formula 1 (F1) Group yang bernama Bernie Ecclestone, meminta pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, untuk pensiun saja.

INDOSPORT.COM - Mantan CEO Formula 1 Group sekaligus eks pemilik klub sepak bola Liga Inggris, Queens Park Rangers, yang bernama Bernie Ecclestone, meminta pembalap Mercedes yang bernama Lewis Hamilton untuk segera pensiun.

Lewis Hamilton memang tampil sangat menjanjikan di ajang Formula 1 2019. Pasalnya, ia selalu mampu tampil impresif dan sering finis di posisi satu. Karena performa gemilangnya itu, Hamilton akhirnya mampu menyandang gelar juara F1 musim ini meskipun kejuaraan belum berakhir.

Selain itu, pembalap asal Inggris berusia 34 tahun tersebut juga memiliki prestasi yang mendekati rekor legenda Ferrari, Michael Schumacher, dimana dirinya sukses meraih 101 podium untuk Mercedes, sedangkan Schumacher sudah mengumpulkan 116 podium bagi Ferrari.

Hal tersebut ternyata mendapat pengamatan dari mantan CEO Formula 1 Group yang bernama Bernie Ecclestone. Melansir dari laman portal berita olahraga F1, sosok yang saat ini sudah berusia 89 tahun itu mengatakan bahwa Lewis Hamilton sebaiknya pensiun jika Mercedes bisa jadi juara lagi tahun depan.

"Ada beberapa perubahan yang terjadi di kompetisi ini. Banyak orang yang sudah tak lagi tertarik melihat Formula 1 jaman sekarang dibandingkan ketika beberapa tahun yang lalu. Jadi, jika saya menjadi Lewis, saya akan memutuskan untuk pensiun saja," ujar Ecclestone.

"Jika Mercedes menang lagi tahun depan, mereka akan mendapatkan gelar juara ketujuh. Jadi, kenapa masih bertahan di perhelatan ini? Bahkan, saya berani berkata bahwa saya lebih memilih Charles Leclerc dari Ferrari untuk jadi kandidat juara. Karena, dia lebih baik dari Lewis," lanjutnya.

"Saya dengan Lewis ingin gabung Ferrari. Menurut saya, sebaiknya dia mengurungkan niatnya itu. Karena, Lewis tidak bisa berbahasa Italia dan Ferrari akan menjadi tim yang aneh baginya. Lagipula, saya merasa dia lebih baik pensiun daripada terus balapan," pungkasnya.

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh pembalap Red Bull Racing-Honda yang bernama Max Verstappen. Sama seperti Ecclestone, ia juga merasa bahwa kejuaraan Formula 1 sekarang ini jadi membosankan hanya gara-gara Hamilton yang selalu juara.

Terlepas dari hal tersebut, Lewis Hamilton saat ini masih menduduki peringkat satu dengan torehan 387 poin di klasemen sementara Formula 1. Di posisi dua, ada rekan setimnya dari Mercedes, Valtteri Bottas, dengan 314 poin.

Di posisi tiga, ada Max Verstappen dengan 260 poin. Charles Leclerc sendiri menghuni peringkat empat dengan torehan 249 poin. Sementara itu, rekan setim Leclerc dari Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, berada di peringkat lima dengan 230 poin.