Formula 1

Luis Leeds Minta Dukungan Pemerintah untuk Dapatkan Sponsor Berlaga di F1

Jumat, 22 November 2019 19:21 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© luisleeds
Pembalap berdarah Australia, Luis Leeds ingin mewakili Indonesia di ajang balap mobil Formula One (F1). Copyright: © luisleeds
Pembalap berdarah Australia, Luis Leeds ingin mewakili Indonesia di ajang balap mobil Formula One (F1).

INDOSPORT.COM – Pembalap Formula 4 (F4) berdarah Indonesia-Australia, Luis William Mahendra Leeds meminta dukungan pemerintah Tanah Air untuk mendapatkan sponsor agar bisa berlaga di kejuaraan balap mobil Formula 1 (F1).

Kabar tersebut dikonfrimasi secara langsung oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto saat diwawancarai secara langsung oleh tim INDOSPORT.

Luis Leeds diketahui telah bertemu dengan Menpora Zainudin Amali pada awal pekan ini, ditemani Ketua Dewan Pengawas Indonesia Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal, dan manajernya, Leeds Stuart Sutcliffe.

Gatot mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut lantaran pembalap muda berusia 19 tahun itu meminta bantuan pemerintah untuk memfasilitasinya agar bisa tampil di kejuaraan balap mobil bergengsi.

“Mereka minta bantuan pemerintah agar bisa memfasilitasi untuk mendapatkan sponsor, namun tak mungkin mendapatkannya dari APBN,” ujar Gatot.

“Sejauh ini Menpora akan bicara kepada menteri BUMN siapa tahu mungkin dari dunia usaha yang bisa membantu, tapi bukan dari pihak swasta,” tambanhnya.

Gatot turut mengatakan bahwa Luis Leeds memilih untuk berkewarganegaraan Indonesia itu tak perlu dinaturalisasi dan langsung bisa membawa nama Indonesia jika ia membalap di kancah internasional.

Luis Leeds sendiri memiliki perjalanan karier yang cukup apik di F4. Pebalap berusia 19 tahun tersebut naik podium 19 kali dari 20 kali balapan dan meraih juara sebanyak sembilan kali.