Formula 1

Fakta-fakta Luis Leeds, Calon Pembalap F1 Berdarah Indonesia

Jumat, 13 September 2019 14:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© luisleeds
Pembalap berdarah Australia, Luis Leeds ingin mewakili Indonesia di ajang balap mobil Formula One (F1). Copyright: © luisleeds
Pembalap berdarah Australia, Luis Leeds ingin mewakili Indonesia di ajang balap mobil Formula One (F1).

INDOSPORT. COM - Luis Leeds, pembalap yang ingin mewakili Indonesia di ajang Formula One (F1) ini, sosoknya diketahui menyimpan sejumlah fakta menarik untuk disimak.

Nama Luis Leeds belakangan menghebohkan jagat balap mobil Indonesia. Luis Leeds, pembalap Formula 4 yang berasal dari Australia, tiba-tiba muncul menemui Menpora, Imam Nahrawi, untuk mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI).

Luis Leeds berharap bisa menjadi WNI saat dirinya nanti menginjak usia 22 tahun. Sebagai informasi, Luis Leeds kini baru berumur 19 tahun, artinya masih ada waktu cukup lama untuk mengurusi segala dokumen yang dibutuhkan.

Bahkan, Luis Leeds juga berkeinginan mengharumkan nama Indonesia di ajang balap mobil paling bergengsi, F1. Segala harapan Luis Leeds pun lantas mendapat dukungan penuh dari pihak Kemenpora.

"Luis yang datang bersama ibunya (Maria) kemari (Kemenpora) ingin memastikan bahwa Indonesia mendukung keinginannya untuk membawa nama baik Indonesia di Formula 1,"  ucap Imam Nahrawi.

Sosok Luis Leeds memang memiliki darah keturunan Indonesia. Ia lahir dari ayah yang berkebangsaan Australia, dan ibu yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur.

INDOSPORT lantas coba mengulas profil tentang Luis Leeds ini. Berikut fakta-fakta menarik Luis Leeds, calon pembalap F1 Indonesia.


Prestasi

Mungkin akan ada publik yang menilai, bahwa impian Luis Leeds untuk berlaga di F1 terlalu muluk. Namun, jika melihat prestasinya, Luis Leeds punya reputasi menjanjikan.

Luis Leeds merupakan pembalap yang keluar sebagai juara umum dalam ajang balap Australian Formula 4. Ia meraih prestasi tersebut setelah mengumpulkan 365 poin, hasil 17 kali naik podium.

Gelar juara Luis Leeds ditorehkannya bersama tim 23Red Racing dan mengendarai mobil AGI Sport. Tinggal ditunggu saja, apakah Luis Leeds bisa mengembangkan kariernya hingga naik level ke kancah F1?

Awal Karier

Luis Leeds menekuni dunia balap saat dirinya masih berusia 11 tahun. Berdasarkan data dari situs Luisleeds96, balapan pertama yang diikuti Luis Leeds terjadi pada 26 Desember 2011 di kelas Go-Kart.

Tiga tahun kemudian, Luis Leeds akhirnya bisa naik level ke balapan mobil sesungguhnya. Balapan pertama Luis Leeds di level balap mobil tercipta pada 21 Juni 2014.

Kala itu, Luis Leeds mengikuti ajang New Zealand Formula Ford Championship. Catatan pada ajang balap mobil pertamanya menghasilkan dua podium, serta sekali meraih gelar juara.


Kehidupan Pribadi

Luis Leeds di luar dunia balap, merupakan seorang remaja pria pada umumnya. Ia memiliki kehidupan pribadi yang fakta-faktanya mungkin jarang diketahui orang banyak.

Soal hobi, Luis Leeds berdasarkan data dari situs Luisleeds96, merupakan tipe remaja yang gemar mendengarkan musik dan berkumpul bersama teman-temannya. Luis Leeds juga kerap melakukan jenis olahraga lainnya, yakni jetski, Australian Football, wakeboarding, dan bersepeda.

Lebih lanjut, Luis Leeds juga punya makanan serta minuman favorit, yaitu spaghetti bolognese dan susu coklat. Sementara kalau musik favorit, Luis Leeds diketahui gemar mendengarkan aliran R&B atau Rap.