Formula 1

Prestasi Gemilang Luis Leeds, Pembalap Formula 4 Keturunan Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 16:25 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© formula4.com.au
Luis Leeds, pembalap Formula 4 keturunan Indonesia yang berhasil meraih gelar juara di ajang Formula 4 Australia 2019. Copyright: © formula4.com.au
Luis Leeds, pembalap Formula 4 keturunan Indonesia yang berhasil meraih gelar juara di ajang Formula 4 Australia 2019.

INDOSPORT.COM – Nama Luis Leeds menjadi sorotan dunia balap internasional setelah mampu menjadi kampiun ajang Formula 4 Australia 2019.

Leeds yang membalap untuk tim AGI Sport berhasil memenangi sembilan dari 18 balapan Kejuaraan Formula 4 Australia 2019. Pembalap berusia 19 tahun itu memastikan gelar juara setelah menang pada dua race seri terakhir yang digelar di Sirkuit The Bend Motorsports Park, Australia Selatan, 14 Juli 2019 lalu.

Di klasemen akhir Formula 4 Australia, Leeds mengoleksi 365 poin. Ia unggul cukup jauh dari peringkat dua yang ditempati oleh pembalap Team BRM, Lochie Hughes.

Gelar juara di ajang Formula 4 Australia membuat pembalap berdarah Indonesia itu punya peluang besar untuk berlaga di ajang balap yang lebih tinggi seperti Formula 3 atau bahkan Formula 1.

Ya, Luis Leeds memang memiliki darah Indonesia yang berasal dari sang ibu. Ayah Luis, Dean Leeds, merupakan orang Australia. Sementara sang ibu yang bernama Maria merupakan perempuan asal Jawa Timur.

Leeds yang lahir di Melbourne, 6 Maret 2000, mulai mengenal dunia balap mobil sejak usia 11 tahun. Ia mengawali karier balapnya dari ajang karting pada tahun 2011-2014. Setelah itu, secara perlahan Leeds terus naik kelas ke ajang balapan yang lebih tinggi sampai akhirnya berlaga di ajang Formula 4 Australia.

Meski lahir di Melbourne, namun ternyata Leeds tetap memiliki keterikatan dengan Indonesia yang merupakan negara asal sang ibu.

Ketika turun di ajang Eurocup Formula Renault 2.0 pada Maret 2017 lalu, Leeds bahkan memasang bendera Indonesia di mobilnya. Ia memasang bendera Indonesia ketika menjalani tiga tes pramusim di Sirkuit Magny-Cours (Prancis), Sirkuit Paul Ricard (Prancis), dan Nurburgring (Jerman).

Setelah meraih prestasi gemilang di ajang Formula 4 Australia, saat ini Luis Leeds berlaga di kejuaraan Porsche GT3 Cup Challenge Australia bersama tim 23Red Racing.