Liga Indonesia

3 Fakta Nazario de Fretes, Pemain Keturunan Indonesia yang Ingin ke Liga 1

Selasa, 20 Agustus 2019 11:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Getty Images
Nazario de Fretes saat masih berseragam NAC Breda U-21. Copyright: © Getty Images
Nazario de Fretes saat masih berseragam NAC Breda U-21.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini muncul kabar bahwa ada pemain keturunan Indonesia yang ingin mencoba mencicip berkarier di kompetisi Liga 1. Pemain yang dimaksud adalah mantan pemain tim akademi Liga Belanda (Eredivisie), yakni Nazario de Fretes.

Pemain yang memiliki darah Makassar tersebut nyatanya sempat mengatakan hasratnya bermain bersama klub Liga 1. Hal itu diungkapkan langsung oleh sang pemain saat redaksi INDOSPORT menghubunginya secara langsung.

"Saya tahu banyak tim di liga dan sering saya tonton seperti Bali United, PSM Makassar, PS TNI (sekarang Tira-Persikabo), dan Madura United. Tentu saja, jika saya mendapatkan kesempatan bermain di Indonesia saya akan sangat bangga," ujarnya kepada redaksi INDOSPORT.com.

Akan tetapi, hasratnya untuk bermain bersama klub Liga 1 nampaknya tidak akan terwujud pada musim 2019 ini. Karena dirinya sudah menjalin kontrak resmi bersama klub juara Liga Bulgaria kasta ketiga, FC Spartak Varna.

Terlepas dari itu, kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga fakta yang dimiliki oleh Nazario de Fretes. Simak ulasannya hanya untuk Anda.

Jebolan Timnas Belanda

© Instagram
Nazario de Fretes saat berseragam Timnas Belanda usia muda. Copyright: InstagramNazario de Fretes saat berseragam Timnas Belanda usia muda.

Nazario de Fretes merupakan salah satu pemain yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan membela Timnas Belanda U-15 dan U-16. Itu terjadi pada tahun 2013-2014 lalu.

Bersama Timnas Belanda U-15, pemain yang saat ini masih berusia 20 tahun tersebut memainkan lima pertandingan persahabatan. Dari lima laga tersebut, Nazario de Fretes mampu membawa timnya menang sebanyak 3 kali, 1 kali imbang, dan kalah 1 kali.

Ketika membela Timnas U-16, Nazario de Fretes pun diberi kesempatan tampil lebih banyak dengan 8 penampilan. Dari 8 laga itu, ia mampu membantu Timnas Belanda U-16 meraih kemenangan 4 kali, imbang 2 kali, dan kalah 3 kali.

Serba Guna

Nazario de Fretes sebenarnya memiliki posisi asli sebagai seorang gelandang tengah. Akan tetapi, dirinya juga bisa memainkan beberapa posisi berbeda.

Selain gelandang tengah, mantan pemain NAC Breda U-21 tersebut juga bisa memainkan peran sebagai winger kiri dan gelandang serang. Akan tetapi, ia lebih sering dipercaya untuk mengisi posisi sebagai gelandang tengah.

Punya Peran dalam Produktivitas Tim

Sepanjang karier sepak bolanya, Nazario de Fretes nyatanya terbilang cukup sering membantu timnya dalam urusan produktivitas. Menurut laporan Transfermarkt, dirinya mampu mengemas 3 gol dan 2 assist selama bermain di Liga Belanda usia muda.

Sedangkan saat bersama Timnas Belanda U-15, Nazario de Fretes juga mampu mengemas dua gol dalam 5 pertandingan. Dua gol itu ia sarangkan saat menghadapi Irlandia U-15 dan Serbia U-15.

Sementara itu, dirinya juga mampu mencetak satu gol saat membela Timnas Belanda U-16. Satu-satunya gol yang ia ciptakan itu terjadi ketika berhadapan dengan Amerika Serikat U-16.

IDS Emoticon Suka
Suka
75%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%