MotoGP

Nostalgia, Legenda MotoGP Senang Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Balapan

Minggu, 24 November 2019 14:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Legenda MotoGP, Mick Doohan, mengaku senang kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia bakal kembali digelar di Indonesia, kali ini di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk musim 2021.

Juara dunia kelas premier lima kali tersebut aktif sebagai pembalap dari musim 1989-1999 dan pernah menjadi juara GP 500cc di sirkuit Sentul pada 1996. Sirkuit Sentul sendiri sempat menjadi tuan rumah MotoGP selama dua tahun pada 1996-1997.

“Saya merasa senang MotoGP bisa kembali lagi di sini, dengan basis penggemar yang sangat besar tak hanya dari MotoGP tapi juga dari pabrikan,” kata Mick Doohan, dilansir dari berita olahraga laman Antara.

Di Jakarta, Doohan didampingi Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta; Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer; dan CEO Mandalika Grand Prix Association, Ricky Baheramsyah. Mereka menghadiri acara pre-launching MGPA, yang dimandati sebagai operator seluruh ajang yang akan digelar di Mandalika.

Mick Doohan menyaksikan bagaimana simulasi balapan di sirkuit jalanan sepanjang 4,3 km dengan 18 tikungan tersebut. Ia yakin Mandalika akan menyajikan balapan yang bagus serta mengatakan setiap sirkuit memiliki bagian ideal untuk melakukan overtaking dan aspek lain yang mendukung saat balapan.

“Kita melihat sirkuit ini akan menyajikan balapan yang bagus. Tapi bagian tersulit menurut saya menyatukan semua untuk membantu memimpin di lap terakhir hingga tikungan terakhir untuk garis finis,” tambahnya.

Carlos Ezpeleta pun sependapat dengan Mick Doohan dan yakin Sirkuit Mandalika akan menyajikan balapan yang ketat di mana hasilnya akan ditentukan di putaran terakhir.

Sekadar informasi, pihak ITDC mengatakan jika pembangunan Sirkuit Mandalika masih berjalan sesuai jadwal dan saat ini telah memasuki progres ground works sebesar 30 persen.