Formula 1

Lewis Hamilton Bocorkan Situasi yang Membuat Dirinya Ingin Segera Pensiun

Selasa, 26 November 2019 16:33 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mark Thompson/GettyImages
Pembalap Formula 1 (F1) yang tergabung ke dalam tim Mercedes, Lewis Hamilton, membeberkan situasi yang membuat dirinya berpikir untuk pensiun. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Pembalap Formula 1 (F1) yang tergabung ke dalam tim Mercedes, Lewis Hamilton, membeberkan situasi yang membuat dirinya berpikir untuk pensiun.

INDOSPORT.COM - Pembalap Formula 1 (F1) yang tergabung ke dalam tim Mercedes, Lewis Hamilton, membeberkan situasi yang membuat dirinya berpikir untuk pensiun dari perhelatan balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut.

Selama ini, Lewis Hamilton memang santer diisukan bakal segera pensiun dari Formula 1. Rumor tersebut muncul setelah pihak Mercedes menjajaki kemungkinan untuk merekrut pembalap dari tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, untuk menggantikan dirinya.

Hamilton sendiri juga pernah mengatakan bahwa ia saat ini punya jadwal padat yang membuatnya kekurangan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti di dunia akting. Meski demikian, selama ini ia tidak pernah mengatakan ingin gantung stir dalam waktu dekat.

Akan tetapi, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga GP Fans, sosok berusia  34 tahun itu akhirnya membuka suara tentang masalah pensiun tersebut. Ia berkata bahwa jika tuntutan karirnya di Formula 1 tidak bisa ditolerir lagi, ia akan mempertimbangkan keputusan untuk meninggalkan dunia balap mobil tersebut.

"Untuk saat ini, saya masih bisa membagi waktu di Formula 1 dan di kehidupan pribadi saya. Artinya, saya masih bisa sedikit leluasa untuk menjalani urusan di luar dunia F1. Namun, memang ada saat-saat dimana saya benar-benar sibuk dan hal itu menguras tenaga," ujar Hamilton.

"Yang jelas, tuntutan di F1 sangat tinggi. Anda harus mau banyak berkorban untuk bisa tetap berkarir di sana. Anda wajib bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang terbatas, yang mana hal itu akan membuat stamina Anda kurang maksimal untuk melakukan hal lain selain balapan," lanjutnya.

"Bagi saya, jika Formula 1 memiliki tuntutan yang lebih tinggi lagi suatu saat nanti, yang berpotensi menjauhkan saya dari keluarga, menjauhkan saya dari teman, dan menjauhkan saya dari kehidupan pribadi saya, saat itulah mungkin saya akan memutuskan untuk pensiun," pungkasnya.

Lewis Hamilton memang telah meniti karirnya di Formula 1 sejak 2007 yang lalu. Saat itu, ia membela tim McLaren. Pada 2013, ia gabung ke Mercedes sampai saat ini. Di kompetisi tersebut, ia sukses memenangkan balapan sebanyak 83 kali dan menjadi juara dunia sebanyak enam kali, yaitu 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019).

Di klasemen sementara Formula 1 2019, pembalap asal Inggris itu masih perkasa di peringkat satu dengan torehan 387 poin. Di posisi dua, ada rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, yang menorehkan 314 poin. Peringkat tiga sendiri ditempati oleh Max Verstappen dari Red Bull Racing-Honda dengan 260 poin.