Persiapan Pembalap Indonesia Jelang Final Kejuaraan Balap ARRC 2019 di Thailand

Jumat, 29 November 2019 16:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media KaryaKU
Pembalap muda Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro meningkatkan intensitas latihan fisik demi menghadapi balapan final Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 Copyright: © Media KaryaKU
Pembalap muda Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro meningkatkan intensitas latihan fisik demi menghadapi balapan final Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019

INDOSPORT.COM – Pembalap muda Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro meningkatkan intensitas latihan fisik demi menghadapi balapan final Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019.

Rider Pertamina Enduro itu telah berada di Buriram, Thailand untuk menghadapi seri terakhir ARRC 2019 yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang pada 29 November-1 Desember 2019.

"Intensitas latihan fisik lebih saya tingkatkan selama di Jakarta kemarin. Prioritas saya menjaga kebugaran tubuh, karena ini salah satu faktor terpenting juga dalam menghadapi sebuah balapan," kata Ali Adriansyah Rusmiputro, dilansir dari laman Antara.

Pembalap yang akrab disapa Adrian ini menyatakan balapan seri terakhir tersebut merupakan sebuah tantangan baru bagi dirinya, karena ia baru pertama kali tampil di Sirkuit Internasional Chang, yang di didominasi lintasan lurus dan memiliki total 12 tikungan dengan jarak per lapnya sejauh 4,5 kilometer.

"Ini kali pertama saya tampil di Chang, jadi saya perlu lebih mempersiapkan diri. Beberapa waktu terakhir, saya rutin menyaksikan berbagai balapan yang digelar di sini untuk mengetahui hal-hal penting seperti 'riding style', 'racing line', dan 'braking point'," tambahnya.

Ia juga menjalin komunikasi secara intensif dengan ONEXOX TKKR SAG, selaku tim balap yang menaungi Adrian di ajang ARRC 2019. Cuaca, pemilihan ban, sekaligus pemetaan menjadi topik yang dibahas sehingga diharapkan bisa memberikan opsi terbaik bagi Adrian saat balapan berlangsung.

Adrian dijadwalkan langsung mengikuti sesi 'scrutineering' dan melakukan pengenalan terhadap Sirkuit Chang. Pada hari Jumat hingga Minggu Adrian juga akan menjajal sesi latihan bebas, kualifikasi, serta balapan yang dibagi ke dalam dua sesi.

Ali Adriansyah Rusmiputro juga mengatakan bahwa dirinya meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia bisa mengharumkan nama Tanah Air di final Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019.