MotoGP

Keyakinan Pemerintah Jadikan MotoGP Mandalika Gelaran Terbaik di Dunia Balap

Kamis, 28 November 2019 17:39 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Keyakinan pemerintah jadikan MotoGP Mandalika jadi gelaran terbaik di dunia balap dibuktikan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio berkomitmen akan menjadikan kejuaraan tersebut sebagai event paling bergengsi di dunia.

Untuk menyambut perhelatan MotoGP yang digelar pada 2021 mendatang dan mempercepat kemajuan pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kementerian pariwisata dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan infrastruktur.

Terkait pembangunan pariwisata Mandalika, Menpar mengingatkan bahwa destinasi pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat sekitar, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

"Insya Allah, MotoGP Mandalika akan jadi event MotoGP yang terbaik yang pernah ada. Selain itu, fungsinya tempat pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat, khususnya yang bisa saya lihat adalah di ekonomi kreatif,” ujar Wishnutama, dilansir dari laman Antara.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan, agar kemajuan pembangunan industri pariwisata di Mandalika, harus punya dampak terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan job creation, seperti kuliner, fashion, dan kriya.

Ia berharap pada saat kawasan KEK Mandalika dan infrastruktur pendukung sudah jadi, maka akan banyak event-event yang akan dihelat di Mandalika. Seperti wedding, MICE, meeting, exhibition, yang diharap banyak melibatkan masyarakat di NTB, khususnya masyarakat sekitar agar tidak jadi penonton.

Menpar juga mengingatkan bahwa tujuan dari pembangunan yang diusahakan seperti sekarang ini, harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation. Menurutnya hal itulah yang paling penting, sehingga akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.