Formula 1

Hasil Kualifikasi Formula 1 GP Abu Dhabi: Lewis Hamilton Raih Pole Position, Ferrari Melintir

Minggu, 1 Desember 2019 01:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Lewis Hamilton pembalap Mercedes AMG Petronas berhasil meraih pole position di Formula 1 GP Abu Dhabi 2019 Copyright: © Getty Images
Lewis Hamilton pembalap Mercedes AMG Petronas berhasil meraih pole position di Formula 1 GP Abu Dhabi 2019

INDOSPORT.COM – Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton memastikan diri sebagai peraih pole position di ajang Formula 1 GP Abu Dhabi 2019 usai jadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Yas Marina, pada Sabtu (30/11/2019).

Lewis Hamilton mampu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 34,779 detik, yang kemudian disusul oleh rekan setimnya yakni Valtteri Bottas dengan selisih waktu yang cukup tipis yakni 0,194 detik.

Pembalap tim Red Bull Racing yakni Max Verstappen menutup tiga besar dengan torehan selisih waktu 0,360 detik, usai mampu tampil menjanjikan sejak sesi kualifikasi di mulai.

Sementara di posisi keempat dan kelima ditempati oleh duo pembalap Ferrari yakni Charles Leclerc dengan selisih waktu 0,440 detik dan Sebastian Vettel yang sempat melintir di tikungan terakhir mampu menyelesaikan sesi kualifikasi dengan selisih waktu 0,560 detik dari Hamilton.

Nantinya, Max Verstappen akan naik grid ke posisi kedua dan Valtteri Bottas mendapat penalti start dari posisi paling belakang lantaran mendapatkan hukuman penalti karena mengganti unit baru pada jet daratnya.

Di sisi lain, pembalap yang tereleminasi di kualifikasi pertama (Q1) ialah Romain Grosjean, Antonio Giovinazzi, Kimi Raikkonen, George Russell, dan Robert Kubica.

Sedangkan pembalap lainnya yang tereleminasi di Q2 yakni Sergio Perez, Pierre Gasly, Lance Stroll, Daniil Kvyat, dan Kevin Magnussen.

Usai menjalani sesi latihan bebas (Free practice) dan sesi kualifikasi, para pembalap Formula 1 akan melakoni seri balapan pamungkas musim 2019 GP Abu Dhabi pada Minggu (01/12/19) pukul 20:10 WIB besok.