Formula 1

Ikuti Jejak F1, Formula E Resmi Berstatus Kejuaraan Dunia

Rabu, 4 Desember 2019 19:15 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© fiaformulae.com
Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi memberikan status world championship (kejuaraan dunia) untuk ajang Formula E mulai musim balapan 2020/21. Copyright: © fiaformulae.com
Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi memberikan status world championship (kejuaraan dunia) untuk ajang Formula E mulai musim balapan 2020/21.

INDOSPORT.COM – Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi memberikan status world championship (kejuaraan dunia) untuk ajang Formula E mulai musim balapan 2020/21.

Perubahan status ini nantinya akan membuat nama kompetisi berubah menjadi ABB FIA Formula E World Championship. ABB (ASEA Brown Boveri) merupakan perusahaan multinasional asal Swiss yang bergerak di bidang kelistrikan, robotika, dan otomatisasi serta merupakan partner untuk kompetisi ini.

Berita ini menjadi kabar baik lantaran sejak dilombakan pertama kali pada musim 2014, Formula E berkali-kali diwacanakan akan berganti status sebagai world championship dan pada akhirnya terealisasikan pada akhir musim 2020.

Jean Todt, selaku presiden FIA juga telah resmi mengungkapkan kabar baik tersebut. Ia juga menambahkan bahwa Formula E mampu menunjukan eksistensinya dengan baik dan pantas mendapatkan status anyar tersebut.

"Kelahiran dan pengembangan Formula E adalah pertualangan besar. Dengan bangga saya mengonfirmasi bahwa Formula E mendapat status sebagai world championship," ujar Todt, dilansir dari laman resmi FIA.

"Formula E semakin berkembang dari musim ke musim. Dalam jangka waktu yang singkat, seri ini membuktikan relevansinya dengan industri otomotif. Ditambah lagi, ada dua pabrikan besar yang bergabung dan total ada 10 pabrikan yang ikut ambil bagian pada musim depan," paparnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ABB Formula E (@fiaformulae) on

Total 10 pabrikan tersebut ialah Audi, DS, Jaguar, Nissan, BMW, NIO, Penske, Mahindra. Sementara Mercedes dan Porshe merupakan tim baru yang sudah mulai membalap pada musim ini.

Sekadar informasi, Formula E akan bergabung dengan Formula 1, World Rally Championship, World Endurance Championship, World Rallycross Championship dan FIA Karting World Championship yang telah berstatus kejuaraan dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%