Formula 1

Melempem di F1 2019, Legenda Red Bull Sarankan Sebastian Vettel Minta Petunjuk

Jumat, 6 Desember 2019 14:21 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Legenda tim Red Bull, Mark Webber, memberi saran kepada pembalap andalan Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, lantaran dirinya tampil kurang bersinar musim ini. Copyright: © INDOSPORT
Legenda tim Red Bull, Mark Webber, memberi saran kepada pembalap andalan Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, lantaran dirinya tampil kurang bersinar musim ini.

INDOSPORT.COM - Legenda tim Red Bull, Mark Webber, memberi saran kepada pembalap andalan Scuderia Ferrari yang bernama Sebastian Vettel, lantaran dirinya tampil kurang bersinar di Formula 1 (F1) 2019.

Dengan berakhirnya GP Abu Dhabi yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu, maka selesailah sudah perhelatan Formula 1 2019. Lewis Hamilton dari tim Mercedes mampu keluar sebagai juara setelah selalu konsisten di klasemen F1 musim ini.

Sementara itu, Sebastian Vettel dari tim Scuderia Ferrari hanya mampu finis di peringkat lima klasemen akhir dengan torehan 240 poin. Bahkan, ia kalah saing dengan rekan setimnya yang bernama Charles Leclerc, yang bisa menempati peringkat empat di bawah Max Verstappen.

Performa Vettel memang kurang memuaskan musim ini. Ia hanya mampu satu kali naik ke podium pertama, yaitu di GP Singapura. Hasil terbanyak yang ia raih adalah finis di posisi dua, tiga, empat, dan lima. Bahkan, ia juga pernah hanya meraih posisi 17 di GP Brasil dan dua kali tidak bisa melanjutkan laga karena kecelakaan di lintasan.

Melihat penampilan yang kurang gemilang tersebut, mantan pembalap Red Bull, Williams, dan Minardi, Mark Webber, memberi saran kepada Vettel bahwa ia harus segera meminta petunjuk dari para pembalap lain yang telah senior atau yang siapapun memahami situasi tersebut.

"Saya pikir, ini adalah keterpurukan terbesar dalam karir Sebastian (Vettel). Dia adalah pejuang dan sang jawara, tapi sayangnya, dia jarang mau mendengarkan orang lain. Jadi, saya menyarankan dia untuk meminta saran dan petunjuk dari para profesional yang paham tentang masalah ini," ujar Webber seperti dilansir dari laman portal berita olahraga F1i.

"Dia butuh banyak masukan yang berbeda-beda agar mendapatkan petunjuk yang lengkap. Dengan hal tersebut, saya harap dia mampu memahami bagaimana cara untuk keluar dari keterpurukan ini dan bisa menemukan gairah lagi untuk tetap bertanding tahun depan. Apalagi dia juga punya tiga anak. Jadi, Vettel bisa pusing memikirkan itu semua," pungkasnya.

Di klasemen akhir, Lewis Hamilton dari tim Mercedes mampu meraih juara dunia Formula 1 2019 setelah mempertahankan keperkasaannya di posisi satu dengan torehan 413 poin. Sementara itu, posisi dua ditempati oleh Valtteri Bottas dengan 326 poin. Posisi tiga sendiri dihuni oleh bintang Red Bull Racing-Honda yang bernama Max Verstappen.