Formula 1

Dukung Penyelenggaraan Formula E, Transjakarta Sediakan Bus Listrik

Selasa, 31 Desember 2019 08:41 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Rafif Rahedian
© fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merencanakan akan mengoprasikan bus listrik sebanyak 20 armada pada saat pelaksanaan Formula E di Jakarta pada Juni 2020. Copyright: © fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merencanakan akan mengoprasikan bus listrik sebanyak 20 armada pada saat pelaksanaan Formula E di Jakarta pada Juni 2020.

INDOSPORT.COM – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merencanakan akan mengoprasikan bus listrik sebanyak 20 armada pada saat pelaksanaan Formula E di Jakarta, Juni 2020.

Direktur Teknik PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto, masih enggan memberitahukan rute untuk seluruh bus listrik tersebut, walau sudah berencana mengoperasikan di jalanan Ibu Kota.

“Kami akan menyiapkan 20 unit bus listrik untuk pengunjung dan penonton Formula E. Kami harapkan itu sudah dapat beroperasi selain di luar kawasan hiburan. Untuk rutenya rahasia dulu ya,” ujar Yoga, dilansir dari Antara.

Yoga turut mengatakan bagi masyarakat yang ingin menjajal sensasi berada di dalam bus ramah lingkungan itu tidak perlu menunggu sampai ajang Formula E digelar. Karena saat ini layanan bus listrik dapat dicoba di kawasan wisata Monumen Nasional (Monas).

“Masyarakat bisa merasakan sensasi naik bus listrik, tapi tinggal 2 hari lagi dan ini gratis karena masih masa uji coba,” tambahnya.

Bus listrik yang ada di kawasan Monas hanya tersedia dua unit yaitu single dan medium bus milik operator BYD. Hingga saat ini layanan bus listrik belum beroperasi di Jakarta meski sudah diuji coba  sejak awal 2019 di beberapa kawasan wisata dan jalan-jalan umum tanpa mengangkut penumpang.

Hambatan yang ditemukan dalam pengoperasian bus listrik sebagai kendaraan umum adalah pengurusan STNK dan pengurusan pajak kendaraan.