Formula E Dikritik DPRD DKI Jakarta, Anies Baswedan: Untuk Kesejahteraan

Sabtu, 7 Desember 2019 08:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Arief Tirtana/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan gelaran Formula E juga untuk mensejahterakan masyarakat. Copyright: © Arief Tirtana/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan gelaran Formula E juga untuk mensejahterakan masyarakat.

INDOSPORT.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa semua kegiatan penyelenggaraan kejuaraan balap Formula E tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat, yakni percepatan ekonomi.

Hal tersebut dinyatakan oleh Anies usai operasional Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) mendapat kritikan dari fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta.

“Jadi semua kegiatan Pemprov DKI Jakarta ialah kegiatan yang bisa disoroti oleh siapa saja. Kami berikan penjelasan juga jadi semua kegiatan itu kami berikan penjelasan dan pada ujungnya semua untuk peningkatan kesejahteraan,” ujar Anies Baswedan, dilansir dari Antara.

“Beberapa kegiatan secara khusus untuk mempercepat kegiatan perekonomian, sama Formula E juga begitu,” tambah mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Ia juga menambahkan, secara luas TGUPP bertujuan agar seluruh kegiatan strategis daerah tersebut benar-benar terlaksana di level nasional. Formula E tak bisa dipandang hanya sebagai gelaran olahraga semata lantaran untuk meningkatkan pariwisata serta pengembangan ekonomi.

“Waktu lima tahun dari penyelenggaraan Formula E dipandang cukup untuk menjadi pemicu awal pengembangan ekonomi berkelanjutan,” tutup Anies Baswedan.

TGUPP sebelumnya dikritik oleh Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta yang mengatakan tim tersebut hanya membebani APBD, sehingga dipandang perlu dievaluasi.

Sementara itu, Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengkritik balapan Formula E yang akan dilaksanakan pada 2020. Mereka menyebut pendapatan pajak seharusnya bisa digunakan untuk kesejahteraan warga yang belum mendapatkan air bersih di Ibu kota.